Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Retyuningsih Retyuningsih Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Nur Aliyah Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Aprilia Wahyuning Fitri Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.10787

Abstract

Permainan bisik berantai dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran, hal ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini yang mempunyai dunia sendiri yaitu dunia bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan menyimak pada anak usai 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretes-Posttest. Populasi penelitian ini menggunakan anak usia 5-6 tahun di TK Mugi Rahayu 1 PGRI yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi kemampuan menyimak dan dokumentasi kegiatan permainan bisik berantai. Analisisi data menggunakan Paired Samples T-Test dengan signifikasi 0.05. Hasil uji Paired Samples T-Test sebesar 0.7913 atau 0.7913 <0.05 yang berarti pengaruh kemampuan menyimak antara sebelum dan sesudah diberlakukannya treatment yang berupa permainan bisik berantai.

Downloads

Published

2023-01-25