Penerapan Permainan Tradisional Gatrik sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10773Abstract
Setiap guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang hasil belajar siswa namun tidak semua guru menguasai metode dalam mewujudkan hasil belajar yang baik dan tuntas. Permainan tradisional gatrik sebenarnya dapat dijadikan guru sebagai media dalam membentuk karakter anak. Hal ini sudah dilakukan oleh guru di SDN Kahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gatrik terhadap hasil belajar siswa di SDN Kahal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknis analisis triangulasi dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa SDN Kahal. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan prinsip-prinsip dalam etnografi, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan (field note), kemudian analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/ validasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa hasil belajar siswa dapat di pengaruhi oleh media ajar yang digunakan. Kedua, mendorong anak untuk mewujudkan nilai-nilai kebaikan saat bermain dengan permainan tradisional. Ketiga, memberikan petunjuk kepada anak untuk menampilkan perilaku yang baik saat bermain dengan permainan gatrik tradisional.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amin Hasan, Avinindy Inayda Devianti, Ujang Jamaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).