Analisis Penggunaan Media Ajar Digital Guna Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10744Abstract
Penelitian ini menganalisis bagaimana penggunaan media ajar digital guna meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini menyatakan minat belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dimana para peserta didik mampu untuk mengimplementasikan bentuk materi yang diberikan ke dalam evaluasi pembelajaran melalui media quizizz pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hal berdampak dari media pembelajaran yang digunakan, yaitu para peserta didik memiliki skala antusias yang tinggi sesuai kriteria hasil wawancara yang dilakukan. Dalam hal ini untuk mengetahui dampak dari penggunaan media digital bagi anak sekolah dasar kelas tinggi, di lakukanlah observasi langsung ke anak sekolah dasar kelas lV dengan memberikan prestest dan postest serta media pembelajaran digital yang telah dibuat. Maka setelah itu diperoleh hasil akhir dimana siswa telah mengerjakan kedua test tersebut dan terlihat perbandingan antara sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran digital yang diberikan. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif deskriptif dan data penelitian disajikan dalam bentuk tabel yang diberikan penjelasan secara deskripsi untuk mengungkap serta menjelaskan data secara faktual sesuai informasi dari narasumber sesuai keadaan yang dialami.Downloads
Published
2022-12-28
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).