Analisis Penggunaan Media Ajar Digital Guna Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Authors

  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Primanita Sholihah Rosmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Azzahra Salsabila Aldila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fadia Fazilatun Nisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hilma Innayah Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rahmah Nafiisah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10744

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana penggunaan media ajar digital guna meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini menyatakan minat belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dimana para peserta didik mampu untuk mengimplementasikan bentuk materi yang diberikan ke dalam evaluasi pembelajaran melalui media quizizz pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hal berdampak dari media pembelajaran yang digunakan, yaitu para peserta didik memiliki skala antusias yang tinggi sesuai kriteria hasil wawancara yang dilakukan. Dalam hal ini untuk mengetahui dampak dari penggunaan media digital bagi anak sekolah dasar kelas tinggi, di lakukanlah observasi langsung ke anak sekolah dasar kelas lV dengan memberikan prestest dan postest serta media pembelajaran digital yang telah dibuat. Maka setelah itu diperoleh hasil akhir dimana siswa telah mengerjakan kedua test tersebut dan terlihat perbandingan antara sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran digital yang diberikan. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif deskriptif dan data penelitian disajikan dalam bentuk tabel yang diberikan penjelasan secara deskripsi untuk mengungkap serta menjelaskan data secara faktual sesuai informasi dari narasumber sesuai keadaan yang dialami.

Downloads

Published

2022-12-28