The Effect of Flipped Classroom Model on the Students’ Mastery in Passive Voice at Grade XI of SMA Negeri 1 Sei Balai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10706Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap penguasaan passive voice siswa kelas XI SMA NEGERI 1 SEI BALAI tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan dua kelompok pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas (kelas XI-IPA 2 dan XI-IPA 3) yang diambil secara purposive sampling. Pada kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Flipped Classroom dan pada kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata 75,6 untuk kelas eksperimen dan 66,0 untuk kelas kontrol. Hasil uji-t diperoleh t0 = 5,092 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% = 2,045 atau 1% = 2,758. Karena itu t0 yang diperoleh t0 = 5,092 dan kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% = 2,045 atau 1% = 2,758. Karena t0 yang didapat lebih besar dari Ttabel yaitu 2,045 < 5,092 > 2,758 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kasus tersebut menjelaskan bahwa penguasaan siswa dalam passive voice simple present tense dengan model flipped classroom dengan menggunakan media audio visual sangat berpengaruh.Downloads
Published
2022-12-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).