The Effect of Flipped Classroom Model on the Students’ Mastery in Passive Voice at Grade XI of SMA Negeri 1 Sei Balai

Authors

  • Putri Lidiana Permata Sari Asahan University
  • Yeti Sugihartati Asahan University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10706

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap penguasaan passive voice siswa kelas XI SMA NEGERI 1 SEI BALAI tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan dua kelompok pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas (kelas XI-IPA 2 dan XI-IPA 3) yang diambil secara purposive sampling. Pada kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Flipped Classroom dan pada kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata 75,6 untuk kelas eksperimen dan 66,0 untuk kelas kontrol. Hasil uji-t diperoleh t0 = 5,092 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% = 2,045 atau 1% = 2,758. Karena itu t0 yang diperoleh t0 = 5,092 dan kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% = 2,045 atau 1% = 2,758. Karena t0 yang didapat lebih besar dari Ttabel yaitu 2,045 < 5,092 > 2,758 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kasus tersebut menjelaskan bahwa penguasaan siswa dalam passive voice simple present tense dengan model flipped classroom dengan menggunakan media audio visual sangat berpengaruh.

Downloads

Published

2022-12-27