Multimodal Discourse Analysis for Video of Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10594Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa dalam menyampaikan idenya tentang materi pembelajaran dan untuk mengetahui perasaan dan kondisi siswa. Penulis menggunakan monolog siswa di Kelas Bahasa Inggris. Video dianalisis berdasarkan teori dalam analisis multimodal discourse. Prosedur dalam menganalisis data mengacu pada beberapa sumber semiotik seperti ucapan dan fitur kinetik seperti tatapan, gerak tubuh dan postur tubuh siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan siswa menyampaikan materi pembelajaran yang baik. Untuk fitur kinetik, siswa menunjukkan mencoba untuk mengingat dengan keras; itu mengacu pada tatapan siswa. Untuk gerak tubuh dan postur tubuh siswa, keduanya menunjukkan kurangnya kepercayaan diri siswa ketika menyampaikan idenya dan memiliki sesuatu untuk disembunyikan. Artinya siswa memahami materi pembelajaran tetapi perasaan dan kondisinya tidak percaya diri. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat membantu para mengajar untuk tidak hanya mengetahui kemampuan akan tetapi juga kondisi siswa saat belajar, sehingga dapat membuat proses penyampaian materi berjalan lancar.Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 R.Sri Ayu Indrapuri, Muhammad Firman Perdana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).