Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)

Authors

  • Maria Leniana Lin Universitas Nusa Nipa
  • Mansur S Universitas Nusa Nipa
  • Oktavius Yoseph Tuta Mago Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10529

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan yang membudayakan manusia mudah atau membuat orang dapat hidup berbudaya sesuai dengan standar yang dapat diterima oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pencemaran Tanah kelas VII A SMP Negeri Alok. LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan hasil oleh tiga para pakar yaitu pakar materi memperoleh nilai 89,5 %, pakar bahasa memperoleh nilai 94% pakar media memperoleh nilai 85% dengan kategori sangat layak. Rata-rata 2 nilai uji coba pada kelas kecil dan uji coba kelas besar yaitu: 97% dan 93,5% oleh guru dengan kategori sangat layak sedangkan 72% dan 90% oleh peserta didik dengan kategori  layak dan sangat layak.

Downloads

Published

2022-12-22