Pendidikan Islam Berlandaskan Moderasi Beragama dalam Studi Islam Interdisipliner

Authors

  • Fitri Ayuningtiyas Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10304

Abstract

Fenomena saat ini memperlihatkan bahwa sebuah era baru dalam keilmuan atau pengetahuan yang berlandaskan pada integrasi dan relasi terhadap modernisasi beragama. Dinamika zaman merujuk ilmu pengetahuan untuk bertransformasi menjadi sisi yang semakin dinamis dan fleksibel. Khususnya untuk agama islam, agama ini tidak pernah kehilangan daya tariknya bagi para pakar-pakar ilmu untuk lebih dalam mengkajinya. Berbagai ragam permasalahan yang bertemakan agama kerap terjadi disebabkan oleh ekspresi keberadaan agama yang diperankan dengan cara radikal. Benturan yang terjadi dikarenakan aliran dan kepercayaan yang berbeda menjadi tidak terhindarkan. Implikasi yang disebabkan oleh fenomena ini yakni kehancuran serta hilangnya rasa kedamaian. Perlu diketahui tujuan agama islam yaitu membawa rahmat bagi semua manusia pemeluknya. Mengkonstruksi Pendidikan islam yang berlandaskan modernisasi beragama dalam studi islam interdisipliner merupakan salah satu relasi yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian ini menggunakan metode library research, dimana hasil dari penelitian ini didapatkan dengan cara kajian literatur. Dalam upaya untuk menciptakan sebuah Pendidikan islam berlandaskan moderasi dalam studi islam interdisipliner, maka diperlukan Langkah, dorongan, serta kerja sama yang kuat dari berbagai pihak yang terlibat.

Downloads

Published

2022-12-16