Dampak dan Faktor Penggunaan Handphone Terhadap Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10289Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keanehan yang terjadi di kalangan remaja, khususnya remaja SLTA sebagai keceriaan dan pemborosan dengan PDA yang mereka bawakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh handphone terhadap motivasi belajar. Eksplorasi ini menggunakan teknik penelitian lapangan subyektif elusidasi dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode triangulasi data digunakan untuk meningkatkan reliabilitas data. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. dimana siswa SMA dengan 5 orang responden. Hasil penelitian ini bahwa dampak hanphone terhadap motivasi belajar siswa adalah merasa kehilangan semangat jika tidak membawa hanphone ke sekolah dan juga dampak positifnya memudahkan siswa mengakses informasi dan tugas yang diberikan oleh guru. Faktor Motivasi belajar ini ada faktor internal ini meliputi adalah ada rasa sifat malas, kurang semangat untuk belajar dan eksternal.meliputi kurangnya pasilitas yang nyaman untuk belajar dan berkaitan juga dengan pola asuh orangtua.Downloads
Published
2022-12-15
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).