Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Hiperaktif

Authors

  • Anisa Kurnia Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Alirmansyah Alirmansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar anak hiperaktif di kelas III SD Negeri 65/III Sanggaran Agung. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 65/III Sanggaran Agung pada Maret 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kritis. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa hiperaktif terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran, sebelum melaksanakan pembelajaran, guru melakukan persiapan dengan menyiapkan RPP yang menarik, menyiapkan media pembelajaran dan strategi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran, pada tahap ini guru menggunakan beberapa strategi. Strategi yang guru gunakan dalam menumbuhkan minat belajar anak hiperaktif yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran, guru mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking, selama kegiatan pembelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa hiperaktif, guru memberikan reward kepada siswa hiperaktif, dan guru menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. 3) Evaluasi, Kegiatan evaluasi dilakukan guru dengan cara menilai dari perasaan senang siswa, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan siswa, dan juga dari pengerjaan tugas dan pengumpulan tugas oleh siswa hiperaktif. Guru melakukan kegiatan evaluasi pada saat akhir kegiatan pembelajaran dengan memberikan siswa soal yang berkaitan dengan materi.

Downloads

Published

2022-12-15