Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4

Authors

  • Desi Pristiwanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Bai Badariah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Evi Damayanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tatu Hilaliya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10219

Abstract

Salah satu dampak globalisasi adalah tidak optimalnya nilai-nilai moral yang tidak hanya berdampak pada masyarakat, tetapi juga pada dunia politik dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan pancasila dalam pembentukan karakter jujur ??dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter jujur ??dan tanggung jawab siswa meliputi tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Downloads

Published

2022-12-23