Digital-Based Islamic Religious Education Learning in Enhancing Cognitive Development on Children
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10097Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran berbasis digitial dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak di Daycare Tadika Permata Al-farabi, Selangor, Malaysia setelah menggunakan pembelajaran berbasis digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan subjek penelitian siswa umur 5-6 tahun di Daycare Tadika Permata Al-farabi, Selangor, Malaysia sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 18 siswa dari 25 siswa yang sulit mengingat materi Pendidikan agama islam khususnya hafalan surah pendek, bacaan sholat fardhu dan cerita nabi. Faktor yang menyebabkan anak sulit mengingat dikarenakan model pembelajaran yang masih menggunakan cara tradisional. Maka peneliti menawarkan pembelajaran berbasis digital seperti media audiovisual dan animasi untuk menstimulus siswa dalam berfikir kreatif, imajinatif, serta meningkatkan kemampuan meningat siswa, dengan ini kemampuan kognitif anak meningkat berdasarkan yang ia pelajari dari yang ia lihat dan ia dengar.Downloads
Published
2022-12-23
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mutiara Salsabila, Mavianti Mavianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).