Digital-Based Islamic Religious Education Learning in Enhancing Cognitive Development on Children

Authors

  • Mutiara Salsabila Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mavianti Mavianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10097

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran berbasis digitial dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak di Daycare Tadika Permata Al-farabi, Selangor, Malaysia setelah menggunakan pembelajaran berbasis digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan subjek penelitian siswa umur 5-6 tahun di Daycare Tadika Permata Al-farabi, Selangor, Malaysia sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 18 siswa dari 25 siswa yang sulit mengingat materi Pendidikan agama islam khususnya hafalan surah pendek, bacaan sholat fardhu dan cerita nabi. Faktor yang menyebabkan anak sulit mengingat dikarenakan model pembelajaran yang masih menggunakan cara tradisional. Maka peneliti menawarkan pembelajaran berbasis digital seperti media audiovisual dan animasi untuk menstimulus siswa dalam berfikir kreatif, imajinatif, serta meningkatkan kemampuan meningat siswa, dengan ini kemampuan kognitif anak meningkat berdasarkan yang ia pelajari dari yang ia lihat dan ia dengar.

Downloads

Published

2022-12-23