MENGUBAH SIKAP WIRAUSAHA MEMANFAATKAN TANTANGAN SEBAGAI PELUANG

Authors

  • Agusthina Risambessy Universitas Pattimura
  • Peiter Rudy Novrin Rehatta Universitas Pattimura
  • Saleh Tutupoho Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4590

Keywords:

Sikap Wirausaha, Tantangan Dan Peluang

Abstract

Negeri Tulehu menjadi pintu masuk bagi penduduk dari pulau Saparua, Seram, Haruku, Nusalaut dan pulau-pulau lainnya ke Kota Ambon melalui Pelabuhan Tulehu, yang merupakan salah satu pelabuhan utama di Ambon.  Hal ini menjadi potensi untuk membuka usaha, tetapi masih banyak masyarakat yang belum memiliki sikap berani mengambil resiko, belum memiliki kemampuan memanfaatkan tantangan menjadi peluangKegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku usaha di Negeri Tulehu di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang mengubah kewirausahaan dalam memanfaatkan tantangan menjadi peluang untuk meningkatkan usaha. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku usaha di Negeri Tulehu di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang mengubah sikap wirausaha dalam memanfaatkan tantangan menjadi peluang untuk meningkatkan usaha. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penyuluhan atau Ceramah yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, mengubah sikap para pelaku usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah terserapnya pengetahuan dan pembentukan sikap pelaku usaha melalui materi yang dipahami sehingga mitra dapat mengubah pola pikr dan sikap untuk usaha bertahan sehingga pelaku usaha mampu menyumbang ekonomi kreatif.

References

Bessant, John., dan Joe Tidd. (2011). Innovation and Entrepreneurship. Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, B. A., dan Siti Z. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x(2), 145.

Darwis Agustriyana (2021) Bertahan Usaha pada UMKM di tengah Pandemic Covid 19, Jurnal Pengabdian Dharma Laksna Mengabdi Untik Negeri . hal 93-100

Eddy soeryanto Soegoto.(2009). Entrepreneurship Menjadi Pembisnis Ulung, Penertbit Salemba Empat

Hardilawati, W. L.(2019).The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,83–8

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kartika Hendara Titisari,Trimurti (2005). Pengaruh Aspek Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Industri Makanan Bersekala Kecil di Surakarta

Leonardus Saiman. (2009). Kewirausahaan .Jakarta : Salemba Empat

Narto, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik . Jurnal INTECH Teknik Industri ,( 48-54)

Tabroni dan Mamay (2021) Jurnal Riset Entrepreneurship e-ISSN: 2621-153X http://journal.umg.ac.id/index.php/jre JRE 4 (1) 2021, (49-57 )doi:10.30587/jre.v4i1.2217

Pakpahan, A.K.(2020).COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Winardi J (2003). Entrepreneur dan Entrepreneuship. Penerbit Kencana Prenada

Downloads

Published

2022-06-08 — Updated on 2022-06-08

Versions

How to Cite

Risambessy , A. ., Rehatta, P. R. N. ., & Tutupoho, S. . (2022). MENGUBAH SIKAP WIRAUSAHA MEMANFAATKAN TANTANGAN SEBAGAI PELUANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 682–688. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4590