MENGUBAH SIKAP WIRAUSAHA MEMANFAATKAN TANTANGAN SEBAGAI PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4590Keywords:
Sikap Wirausaha, Tantangan Dan PeluangAbstract
Negeri Tulehu menjadi pintu masuk bagi penduduk dari pulau Saparua, Seram, Haruku, Nusalaut dan pulau-pulau lainnya ke Kota Ambon melalui Pelabuhan Tulehu, yang merupakan salah satu pelabuhan utama di Ambon. Hal ini menjadi potensi untuk membuka usaha, tetapi masih banyak masyarakat yang belum memiliki sikap berani mengambil resiko, belum memiliki kemampuan memanfaatkan tantangan menjadi peluangKegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku usaha di Negeri Tulehu di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang mengubah kewirausahaan dalam memanfaatkan tantangan menjadi peluang untuk meningkatkan usaha. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku usaha di Negeri Tulehu di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang mengubah sikap wirausaha dalam memanfaatkan tantangan menjadi peluang untuk meningkatkan usaha. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penyuluhan atau Ceramah yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran, mengubah sikap para pelaku usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah terserapnya pengetahuan dan pembentukan sikap pelaku usaha melalui materi yang dipahami sehingga mitra dapat mengubah pola pikr dan sikap untuk usaha bertahan sehingga pelaku usaha mampu menyumbang ekonomi kreatif.References
Bessant, John., dan Joe Tidd. (2011). Innovation and Entrepreneurship. Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd
Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, B. A., dan Siti Z. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x(2), 145.
Darwis Agustriyana (2021) Bertahan Usaha pada UMKM di tengah Pandemic Covid 19, Jurnal Pengabdian Dharma Laksna Mengabdi Untik Negeri . hal 93-100
Eddy soeryanto Soegoto.(2009). Entrepreneurship Menjadi Pembisnis Ulung, Penertbit Salemba Empat
Hardilawati, W. L.(2019).The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,83–8
Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.
Kartika Hendara Titisari,Trimurti (2005). Pengaruh Aspek Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Industri Makanan Bersekala Kecil di Surakarta
Leonardus Saiman. (2009). Kewirausahaan .Jakarta : Salemba Empat
Narto, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik . Jurnal INTECH Teknik Industri ,( 48-54)
Tabroni dan Mamay (2021) Jurnal Riset Entrepreneurship e-ISSN: 2621-153X http://journal.umg.ac.id/index.php/jre JRE 4 (1) 2021, (49-57 )doi:10.30587/jre.v4i1.2217
Pakpahan, A.K.(2020).COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Winardi J (2003). Entrepreneur dan Entrepreneuship. Penerbit Kencana Prenada
Downloads
Published
Versions
- 2022-06-08 (2)
- 2022-06-08 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agusthina Risambessy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.