PENYULUHAN MENGENAI URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI JENJANG SD KEPADA WALI SISWA MI KENANGA BANJARMASIN

Authors

  • Vivi Aulia STKIP PGRI Banjarmasin
  • Norliani Norliani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Tazkia Nadhirah STKIP PGRI Banjarmasin
  • Farid Alfarizqi STKIP PGRI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4011

Keywords:

urgensi, pembelajaran bahasa Inggris, jenjang SD

Abstract

Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi pentingnya membelajarkan bahasa Inggris di jenjang Sekolah Dasar (SD) kepada wali siswa MI Cempaka, Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin. Sekitar 25 orang wali siswa MI Cempaka mengikuti kegiatan ini. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui ceramah oleh tim pengabdian untuk memudahkan mereka memahami materi mengenai perlunya mengenalkan dan membelajarkan bahasa Inggris sejak dini kepada siswa di jenjang SD. Seiring dengan semakin mudahnya akses informasi melalui media internet serta penggunaan peralatan teknologi dalam pembelajaran daring pada masa pandemik Covid-19 saat ini, maka bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang penting diajarkan kepada siswa sejak di bangku SD. Salah satu kondisi yang menjadi urgensi pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa di jenjang SD adalah peralihan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring pada masa Covid-19 saat ini dimana setiap siswa memerlukan bantuan peralatan teknologi, seperti laptop, hp, jaringan internet, serta aplikasi–aplikasi pendukung lainnya. Semua operasional peralatan teknologi ini menggunakan bahasa Inggris sehingga siswa perlu mengenal beragam kosakata, kalimat, serta mengenal istilah yang tertera pada peralatan tersebut. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemahaman para wali siswa untuk mendampingi anaknya mengenal dan membelajarkan bahasa Inggris dengan cara-cara yang mudah mereka pahami. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan sikap terbuka terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang saat ini tidak bisa diabaikan kebutuhannya dalam perkembangan teknologi dan peradaban manusia.

References

Hartin. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Shautut Tarbiyah, 36(22), Mei 2017

Priadi, A., dan Nuha, R.A. (2019). The Influence of family’s support for students English

learning achievement at elementary school age. English Language Teaching Educational Journal, 2 (2):90-101

Salim, H., dan Hanif, M. (2020). English teaching reconstruction at Indonesian elementary schools: Students’ point of view. International Journal of Education and Practice. 9(1):49-62. DOI: 10.18488/journal.61.2021.91.49.62

Sinaga, J.B., Manurung, S., dan Marpaung, J,E. (2017). Bimbingan belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini di Kelurahan Buliang RW 18. Minda Baharu, 1(1):33-41

Susanthi, I.G.A.A.D. (2021). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Service Journal. 1(2):64-70

Zalisman; Akhyar, Y; Simbolon, P., Fitri, A., dan Purnamasari, A. (2020). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal untuk siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Kampar. Al-Mafahim:Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1):18-27

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Aulia, V., Norliani, N., Nadhirah, T., & Alfarizqi, F. (2022). PENYULUHAN MENGENAI URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI JENJANG SD KEPADA WALI SISWA MI KENANGA BANJARMASIN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 544–549. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4011