PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MADRASAH DINIYAH

Authors

  • Ana Ahsana El-Sulukiyyah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara
  • Lilik Sugianti Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara
  • Rasyidah Nur Aisyah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.915

Keywords:

Berbasis IT, Media Pembelajaran, Madrasah Diniyah, Pelatihan

Abstract

Untuk bisa mencetak generasi bangsa yang berwawasan, berahkalaqul kharimah, dan memiliki keterampilan yang siap bersaing di era revolusi industry 4.0, Madrasah Diniyah dituntut adanya transformasi metode pembelajaran konvensional menuju pembelajaran berbasis IT. Akan tetapi, kenyataannya masih jarang Madrasah Diniyah di Indonesia menerapkan media pembelajaran berbasis IT. Sehingga generasi Z dan Alfa yang tengah menuntut ilmu di Madrasah Diniyah merasa bosan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan memotivasi anak didik dari generasi Z dan Alfa, maka diadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh individu dari peserta KKN-DR Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan didampingi oleh Dosen Pembina Lapangan di Madin Bani Abdullah. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan dan mengembangkan media pembelajaran berbasis IT melalui media pembelajaran Bahasa Arab “Applikasi Secil Bahasa Arabâ€. Metode yang digunakan terdiri dari enam tahap yakni tahap persiapan, pendampingan, praktik penerapan media pembelajaran berbasis IT, evaluasi materi yang telah dilatihkan, kuesioner, dan analisa. Setelah melalui beberapa tahapan kegiatan tersebut terdapat peningkatan yang dicapai antara lain: (a) meningkatnya pengetahuan para santri/santriwati workshop tentang media pembelajaran berbasis IT dan Applikasi Secil Bahasa Arab serta cara menggunakannya, (b) meningkatnya antusias dan motivasi peserta pendampingan dengan pelajaran Bahasa Arab, (c) meningkatnya kosakata Bahasa Arab peserta pendampingan, (d) meningkatnya nilai akademis Bahasa Arab para peserta pendampingan melebihi nilai rata-rata Kiteria Ketuntasan Minimal (KKM) Madin Bani Abdullah. Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini telah berhasil meningkatkan minat, antusias, motivasi para santri/santriwati terhadap pembelajaran Bahasa Arab yang mempengaruhi nilai akademis dan kemampuan mahir terhadap Bahasa Arab.

Author Biographies

Ana Ahsana El-Sulukiyyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

Lilik Sugianti, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

Rasyidah Nur Aisyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pedagogi dan Sains, Universitas PGRI Wiranegara

References

Barni, Mahyuddin. (2019). Jurnal Transformatif, Vol. 3, No.1. Tantangan Pendidik Di Era Millennial. (Online) http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/1251. Diakses pada 16 Agustus 2020

Muhson, Ali. (2010). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. (Online).

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949. Diakses pada 28 Agustus 2020

Muna, N. (2018). The Effectiveness of Using Folklore Based Animation Median Teaching English Articles for Seventh Grade of MTs Al- Hikmah Sayung Demak in the Academic Year of 2017-2018. Education and Teacher Training Faculty, Islamic University. (Online). http://eprints.walisongo.ac.id/8436/1/skripsi%20full.pdf. Diakses pada 20 Agustus 2020

Rani. (2017). At-Ta’dib: Vol IX, No.2. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Online).

http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/14/3. Diakses pada 31 Agustus 2020

Ritonga, Nazir, dan Wahyuni. (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Kebahasaaraban, Vol.3, No.1. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kota Padang. (Online). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/arabiyat/article/view/2879/pdf.

Diakses pada 31 Agustus 2020

Taufik. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Masa Kini. (Online). http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/628/579. Diakses pada 1 September 2020

Usman. (2017). Jurnalisa, Vol.3, No.1. Dinamika Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. (Online). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jurnalisa/article/view/3065. Diakses pada 1 September 2020

Utomo. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Man Purwodadi Grobogan. (Online). https://lib.unnes.ac.id/18343/1/2303408036.pdf. Diakses pada 30 Agustus 2020

Zaben dan Altawalbeh. (2020). Psychology and Education, 57(5): 358-361. An Interdisciplinary Journal. The Effectiveness of Using Animation on Sciences Academic Achievement of the Third Grade Students in Al-Jeezah District schools. (Online).

http://www.psychologyandeducation.net/Article/the-effectiveness-of-using-animation-on-sciences-academic-achievement-of-the-third-grade-students-in-al-jeezah-district-schools.pdf. Diakses pada 26 Agustus 202

Downloads

Published

2020-09-16

How to Cite

El-Sulukiyyah, A. A., Sugianti, L., & Aisyah, R. N. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DI MADRASAH DINIYAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 205–213. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.915