PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU IPA SE-KOTA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37483Keywords:
Guru MGMP IPA SMP Kota Jayapura, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Guru merupakan determinant factor dalam meningkatkan mutu pendidikan baik dalam arti proses maupun hasil. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan guru akan meningkatkan kemampuan dalam mendiagnostik hingga menyelesaikan masalah-masalah di dalam kelas. Akan tetapi, banyak kendala yang dihadapi oleh para guru terkait tuntutan pelaksanaan PTK. Berdasarkan hasil penelitian Tanta, dkk (2023) khusus di kota jayapura menyimpulkan bahwa kendala yang dihadapi berasal dari dua faktor yaitu internal (minat guru yang masih rendah) dan eksternal (biaya dan waktu yang tidak ada dalam membuat PTK). Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan penulisan PTK guru-guru IPA SMP di Kota Jayapura. Diharapkan melalui kegiatan ini, guru-guru mampu mengimplementasikan PTK secara mandiri di sekolah masing-masing dan akan terbiasa dalam membuat PTK yang baik dan benar. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh guru MGMP IPA Tingkat SMP Kota Jayapura, Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan terdiri dari: (1) Tahap awal / Pendampingan (Sasaran); (2) Tahan Pelaksanaan Pelatihan; (3) Tahap proses (Evaluasi dan indikator keberhasilan); (4) Tahap akhir (target). Kegiatan pengabdian terlaksana dengan baik. Teknis pelaksanaan kegiatan meliputi: pembukaan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih, penyampaian materi pelatihan penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh tim pengabdian, tanya jawab dan Penutup. penyajian materi dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama adalah Penyajian materi tentang teori dasar PTK dan sesi kedua dilanjutkan dengan praktik Penulisan Proposal PTK. Adapun hasil dari kegiatan ini yaitu Guru IPA Kota Jayapura sangat tertarik dengan materi pelatihan penulisan PTK yang dapat dilihat dari persentase penilaian angket responden sebesar 83,05% dengan kriteria sangat baik., penyampaian materi dapat dipahami dengan baik serta Guru IPA Kota Jayapura dapat mempraktekan cara mengidentifikasi masalah dan membuat proposal PTK.References
Cohen, L & Manion, L. (1980) Research Methods in Education. London & Canberra: Croom Helm
Hapsari, Perdhani, & Hartono. 2021. Pelatihan dan Pendampingan penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi guru SMP. Jurnal Gramaswara. 1(2). 1-16
Indriyanto, Bambang. 2015. Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Lebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan. http://bappeda.babelprov.go.id/sites/default/files/data/3.%20PANDUAN%20PTK.pdf
Suriyati, S., Syukri, M., & Dinar, D. (2023). Penerapan pendidikan islam dalam lingkungan keluarga pedagang di lingkungan bongkong kelurahan samaenre kecamatan sinjai tengah kabupaten sinjai. ALMUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 246–252.
Suriyati, Anwar, & Jamaluddin. 2023. Pelatihan Penulisan Laporan Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Pendimas. 2(2). 8-12.
Tanta, Megawati, & Akobiarek. Analysis of difficulties of science teacher in jayapura city in conducting class action research. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 9(10). 8772-8783
Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Pelatihan Penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk Menunjang Profesi Guru Di SDN 111/I Muara Bulian. Jurnal Abdi Pendidikan, 01(2), 93–98.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Apriani Herni Rophi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.