PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 PONTIANAK KOTA

Authors

  • Rizka Dwi Yanti Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22397

Keywords:

Pengaruh, Model Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Kota dengan melakukan penelitian eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelas VIA (kelas kontrol) dan 28 siswa kelas VIB (kelas eksperimen) Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Kota. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dengan instrumen berupa soal pilihan ganda. Hasil perhitungan rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 77,25. Sedangkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir kelas kontrol sebesar 70,5. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus effect size dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model contextual teaching and learning memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa dari pada kelas yang tidak menggunakan model contextual teaching and learning.

References

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Jawa Tengah: UNS Press.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dokumen Kurikulum 2013. Kemendikbud, Desember 2012.

Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogjakarta: DIVA Press

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, M., A. dkk. (2020). Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Jihad, A., & Haris, A. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Johnson, B., E. (2014). Contextual Teaching and Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar –Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: Kaifa Learning.

Kamhar, M., Y., & Lestari, E.. (2019). Pemanfaatan Sosial Media YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 2. Diunduh di https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/1356

Kemendikbud. (2013). Panduan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahmud & Fathurahman, P. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nawawi, H. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 100-101. Diunduh di https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/76

Pakpahan, A., F., ddk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan nomor 67 tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.

Diunduh di https://core.ac.uk/download/pdf/236194231.pdf

Rusman. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz media.

Susanti, E., T., & Amelia, M. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Matematika Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal UJMES, 6(2), 16.

Diunduh di http://ojs.uninus.ac.id/index.php/UJMES/article/viewFile/1279/832

Susilan, R., & Cepi, R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Sutrisno, L. dkk. (2008). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Widyantara, I., & Rasman, W.. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 114-115

Diunduh di https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/.

Wiranatapura, U., S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Waritsman, A., & R, H. (2020). Kreativitas Guru dalam Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi

Belajar Siswa di MA Madinatul Ilmi DDI Siapo. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(2). 27-34. Diunduh di https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/128

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Yanti, R. D., Hamdani, H., & Halidjah, S. . (2023). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 PONTIANAK KOTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11399–11405. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22397