PELATIHAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA

Authors

  • Zuraini Zuraini Universitas Almuslim
  • Eli Nofriati Universitas Almuslim
  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim
  • Yessi Kartika Universitas Almuslim
  • Husnidar Husnidar Universitas Almuslim

Keywords:

Metode, Contextual Teaching and Learning, Motivasi

Abstract

Melakukan pembelajaran yang kreatif dan berpikir kritis serta menyatukan dengan kehidupan nyata adalah salah satu bentuk dari konsep Contextual Teaching and Learning. Pelatihan ini dilakukan untuk menambah wawasan guru serta murid tentang pembelajaran diabad ke 21 sekarang ini. Hal ini sangat penting dilaksanakan untuk memotivasi siswa agar proses pembelajaran dapat tercapainya tujuan pembelajaran serta proses pembelajaran juga dapat menyatu dengan kehidupan real siswa. Metode pelaksanaan pengabdian ini dengan mengamati proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di SD Negeri 4 tersebut dalam pendekatan kontestual proses pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi menjadikan Students Learning Center. Siswa juga menemukan hal yang sudah dialami. Pelatihan ini dilaksanakan agar guru dapat melakukan pengembangan terhadap proses pembelajaran yang memotivasi siswa, berpikir kritis dan mampu berdiskusi dan mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan. Dengan adanya pengabdian ini dapat kita lihat dengan bertambahnya minat belajar  dan siswa sangat termotivasi serta bertambahnya wawasan guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekarang ini

References

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2). Https://Doi.Org/10.51179/Asimetris.V2i2.811

Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pengusahaan Tambang Mineral Batubara. Pemerintah Republik Indonesia, 036360.

Pendidikan Guru, J., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2021). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Pada Mata Pelajaran Ipa The Implementation Of Contextual Teaching And Learning Increasing The Science Learning Motivation Of Elementary School Stude. 13(02), 2623–2685.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V4i1.927

Terry Kidd, Lonnie R. Morris, J. (2017). Handbook Of Research On Instructional Systems And Educational Technology. In Igi Global.

Trisnawati. (2015). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Pada Bangun Ruang Sisi Datar Di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 1(3), 146–155.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Zuraini, Z., Nofriati, E. ., Hayati, R. ., Kartika, Y. ., & Husnidar, H. (2023). PELATIHAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1698–1701. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13634