IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY PENGGUNAAN SIMULASI KAPAL SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MODEL HYBRID
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37256Keywords:
Virtual Reality, Hybrid, SimulasiAbstract
Perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) telah membawa inovasi signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam mendukung model pembelajaran hybrid. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi VR sebagai suplemen pembelajaran di SMK 9 Makassar, khususnya pada siswa jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan. Melalui penggunaan VR siswa dapat mengalami simulasi interaktif yang realistis, seperti praktik keselamatan pelayaran dan simulasi kapal yang sulit dilakukan di dunia nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VR meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi praktik yang kompleks, memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dan menawarkan fleksibilitas dalam pengulangan simulasi tanpa keterbatasan waktu dan alat. Meskipun demikian, tantangan dalam hal infrastruktur dan pelatihan guru masih menjadi hambatan dalam optimalisasi penggunaan VR. Dengan investasi yang lebih lanjut dalam pengadaan perangkat dan pelatihan guru, implementasi VR berpotensi besar dalam memperkaya model pembelajaran hybrid dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMK 9 MakassarReferences
Ariatama, S., Mona Adha, M., Tosy Hartino, A., & Prawisudawati Ulpa, E. (2021). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik.
Arya, W., Arsadhana, S., Kadek, N., Dewi, R. S., Komang, N., & Putri, J. K. (2022). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Sebagai Inovasi Pendidikan Berkelanjutan Di Era Society 5.0.
Astari, T. (2021). Evaluasi Diseminasi Virtual Reality (Vr) Sebagai Pembelajaran Inovatif.
Kee, T., Zhang, H., & King, R. B. (2024). An Empirical Study On Immersive Technology In Synchronous Hybrid Learning In Design Education. International Journal Of Technology And Design Education, 34(3), 1243–1273. Https://Doi.Org/10.1007/S10798-023-09855-5
Mulyati, R., Sari, M., & Priatna, N. (2020). Biormatika?: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Model-Model Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 (E-Learning, M-Learning, Ar-Learning Dan Vr-Learning). 6(1), 107–115. Https://Doi.Org/10.35569
Prayogo, D. (2024). The Use Of Hybrid Learning In Improving Academic Achievement. 101–105. Www.Jmr.Unican.Es
Putra, A. S., & Aisyah, N. (2021). Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Virtual Reality.
Topan Bahari, G., Heryana, N., & Ali Ridha, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Untuk Pembelajaran Dalam Kelas Virtual Di Fasilkom Unsika Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masrupah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.