This is an outdated version published on 2021-11-27. Read the most recent version.

PELATIHAN PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS ENTITAS TANPA AKUNTABILTAS PUBLIK (ETAP) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PADA USAHA BATU BATA ( KELURAHAN TUBUHUE, KECAMATAN KOTA KEFAMENANU, KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA)

Authors

  • Margareta Diana Pangastuti Universitas Timor
  • Marserly Kase Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3095

Keywords:

UMKM, laporan Keuangan , ETAP

Abstract

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan suatu usaha. Pengelolaan keuangan dapat dilakukan  melalui pembukuan akuntansi.  Akuntansi merupakan proses sistematis untuk  menghasilkan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan  keputusan  bagi penggunanya. Para pelaku usaha batu bata belum melakukan pencatatan atau pembukuan yang mengacu pada akuntansi berbasis Entitas Tanpa Akuntantabiltas Publik (ETAP), sebuah aktifitas akuntansi yang pada tahun 2009 Ikatan Akuntansi Indonesia telah menerbitkan Standar Akuntansi untuk Usaha Kecil dan hal ini merupakan terobosan yang berguna karena cukup ringkas dan lebih mudah dipraktekkan. Meskipun cukup ringkas, tetapi untuk prinsip-prinsip umum tetap harus dijalankan sebagaimana pada jenis usaha yang lain. Dengan adanya standar laporan keuangan tersebut tentu dapat menjadi acuan yang lebih sederhana dan lebih mudah diterima oleh kalangan wirausahawan yang lebih luas. Buku standar penyusunan laporan keuangan tersebut secara lengkap bernama Standar Akuntansi untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Objek pengabdian yang dipilih adalah pelaku UMKM yatu Usaha Bata Bata yang  yang memiliki ijin usaha dan berlokasi d Jl.Ahmad Yani km.4 Jurusan Atambua, kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabutapen Timor Tengah Utara. Pelaksanaan  kegiatan Pengabdian  Pada Masyarakat ini dilakukan  dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Serta pendampingan  selama  pembuatan pembukuan keuangan  sampai dengan  penyusunan  laporan  keuangan.

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntantabilitas Publik, Mei 2009

James A. Hall, Sistem Informasi Akuntansi, Penerbit Salemba Empat, Buku 1 Edisi 42007

Kamaruddin Ahmad, Akuntansi Manajemen, Edisi Revisi PT. RajaGrafindo Persada tahun 2005

Downloads

Published

2021-11-27

Versions

How to Cite

Margareta Diana Pangastuti, & Marserly Kase. (2021). PELATIHAN PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS ENTITAS TANPA AKUNTABILTAS PUBLIK (ETAP) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PADA USAHA BATU BATA ( KELURAHAN TUBUHUE, KECAMATAN KOTA KEFAMENANU, KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1227–1233. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3095

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.