PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI BRANDING PRODUK UNGGULAN BUMDES KARYA SEJAHTERA, DESA PEPELEGI, KECAMATAN WARU, KABUPATEN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2640Keywords:
Digitalisasi Pemasaran, Bumdes, Pengabdian, Strategi PemasaranAbstract
Pada zaman revolusi industri 4.0 yang sudah naik ke level 5.0 ini, digitalisasi bukan lagi sekedar konten media melainkan sudah menjadi bagian dari kehidupan yang dinamis dari isi new media dan konsumen media itu sendiri. Salah satu faktor yang mendorong digitalisasi adalah pandemik Covid-19. Melalui pemerintah desa, terbentuklah BUMDes sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Karya Sejahtera Pepelegi adalah salah satu BUMDes yang memerlukan digitalisasi dalam pengelolaannya. Salah satu permasalahan yang muncul pada pengelolaan bidang usaha pada BUMDes Karya Sejahtera Pepelegi yaitu minimnya pembeli dan daya tarik yang kurang dari masyarakat akan produk yang dihasilkan. Keterbatasan pengelolaan yang masih fokus pada pembelian secara langsung dan dukung dengan kondisi Pandemi yang semakin meningkat kasusnya, membuat BUMDes ini tidak dapat menjalankan usahanya. Selain itu kondisi ini diperparah dengan keterbatasan pemahaman pengurus BUMDes akan konsep digital marketing sebagai media promosi dan branding produk usaha. Dengan menggunakan metode pelatihan digital marketing, diharapkan akan meng-upgrade branding produk BUMDes. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah sangat diterima dan disambut antusias oleh pengurus Desa dan BUMDes KSP. Serta diharapkan adanya kegiatan kontinu dan melakukan kerjasama dengan tim. Selain itu, dari kegiatan ini juga dapat mencari solusi atas permasalahan BUMDes.ÂReferences
Arifin, et.al. (2020). Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 54–62.
Desa Pepelegi. (2020). BUMDes. Diakses dari http://sid.sidoarjokab.go.id/Waru/Pepelegi/category/produk_desa/bumdes/ pada 12 Juli 2020
Eprilianto, Deby Febriyan, et.al. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. Journal of Public Sector Innovations Volume 4 Nomor 1
Mardiyani, et.al. (2020). Digitalisasi Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Informasi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, Volume 1 Nomor 3
Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU Desa.
Sanjaya, Putu Krisna dan Hartati, Ni Putu. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. Carade : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 3 Nomor 1
Sari Adnyani, N. K., & Ayu Eka Agustini, D. (2020). Digitalisasi Sebagai Pemulihan Perekonomian Di Sektor Kerajinan Dalam Mendukung Kebangkitan Umkm Di Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 1(2), 87-96.
Sunardi, nARDI, ET.AL. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Volume 2 nomor 1
Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa
UU 22 tahun1999 tentang Otonomi Daerah
UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah