DIGITILISASI PEMASARAN BAKPIA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BIMA BAKERY

Authors

  • Widhy Wahyani Institut Teknologi Nasional Malang
  • Deddy Rudhistiar Institut Teknologi Nasional Malang
  • Wahyu Panji Asmoro Institut Teknologi Nasional Malang
  • Diah Wilis Lestarining Basuki Institut Teknologi Nasional Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31142

Keywords:

E-Commerce, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Strategi Pemasaran, Penjualan Bakery, Dampak COVID-19

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran produk Bakpia pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bima Bakery dengan menerapkan sistem e-commerce. Pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan terhadap penjualan bakery, yang mengakibatkan penurunan drastis dan memerlukan strategi pemasaran yang inovatif. Pengembangan dan implementasi platform e-commerce diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan ini berlangsung selama tiga minggu di UMKM Bima Bakery di Pasuruan, Jawa Timur. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi e-commerce telah berhasil meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar UMKM Bima Bakery. Selain itu, kegiatan ini mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk menjaga kualitas produk dan mengelola transaksi online secara efektif. Kesimpulan yang diambil dari pengabdian masyarakat ini adalah bahwa digitalisasi strategi pemasaran melalui e-commerce memiliki dampak positif yang signifikan terhadap penjualan dan kepuasan pelanggan. Namun, perbaikan lebih lanjut diperlukan dalam mengelola transaksi online dan menjaga kualitas produk untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Inisiatif ini menyoroti pentingnya mengadopsi strategi pemasaran modern dalam bisnis kecil untuk beradaptasi dengan kondisi pasar yang berubah dan perilaku konsumen, terutama dalam konteks pandemi yang sedang berlangsung. Dengan memanfaatkan e-commerce, UMKM Bima Bakery dapat lebih baik memenuhi kebutuhan pelanggan dan tetap kompetitif di pasar yang berkembang pesat.

References

Ardana. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Chiya, N. (2014). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Orientasi Perilaku Konsumen (Studi Kasus Pada Brem Merek Rumah Joglo, Desa Kaliabu, Caruban – Madiun). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim.

Edy Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ketiga). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Engel, Blackwell, & Miniard. (2012). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2014). E-commerce: Business, Technology, Society (10th ed.). Retrieved from www.academia.edu on March 4, 2019.

Li, P., & Xie, W. (2012). A Strategic Framework For Determining E-Commerce Adoption. Journal of Technology Management in China, 7(1), 22-35. Emerald Group Publishing Limited.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen (Translated by Dwi Kartika Yahya). Jakarta: Erlangga.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Wertz, B., & Kingyens, A. T. (2013). A Guide to Marketplace. Versionone. Retrieved from www.versionone.vc on March 3, 2019.

Zhang, H., & Okroafo, S. C. (2014). An E-Commerce Key Success Factors Framework for Chinese SME Exporters. International Journal of Economics and Finance, 6(1). Canadian Center of Science and Education.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Wahyani, W. ., Rudhistiar, D. ., Asmoro, W. P. ., & Basuki, D. W. L. . (2024). DIGITILISASI PEMASARAN BAKPIA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BIMA BAKERY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6031–6036. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31142