PEMASARAN DIGITAL: ERA BARU PENGEMBANGAN UMKM DI DESA KAMPUNG BARU-BANDA NEIRA MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26956Keywords:
Pemasaran Digital, Era Baru, Pengembangan UMKMAbstract
Indonesia sebagai negara yang mempunyai jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terbanyak di wilayah ASEAN dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat menghadapi masalah keterbatasan pengetahuan tentang digitalisasi pada UMKM. Di Provinsi Maluku, tepatnya di Pulau Banda Neira sebagai tujuan wisata yang dikenal dengan julukan “Surga Dari Timur” pada Desa Kampung Baru, pelaku UMKM juga belum memahami bahkan menemui kesulitan tentang penggunaan teknologi pemasaran digital. Sehingga tujuan pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan bahkan lebih menguatkan pemahaman disertai bukti empiris bagi pelaku UMKM di Desa Kampung Baru tentang pemasaran digital sebagai sebuah era baru bagi pengembangan UMKM. Pelaksana kegiatan ini yaitu tim PkM yang merupakan tenaga pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kampung Baru dan pelaku UMKM dengan menggunakan metode pendidikan masyarakat. Melalui berbagai materi yang diberikan pada kegiatan PkM ini, pelaku UMKM Desa Kampung Baru sudah bisa memahami dan menggunakan pemasaran digital dalam rangka memasarkan dan mempromosikan produk yang dihasilkan secara nasional maupun internasional demi pengembangan UMKM.References
Acim; Febriansyah; Tabelessy, W. (2023). Strategi Pemasaran dari Tradisional ke Digital (M. . Dr. Eko Suncaka (ed.)). Sulur Pustaka.
Akande, J. O. (2007). The practice of community education in Nigeria. Educational Research and Review, 2(10), 264–270. http://www.academicjournals.org/ERR
Bhosale, V., Pralhad Raverkar, D., Bhosale, V. S., Raverkar, D. P., Tamondkar, T., & Professor, A. (2020). Importance of Digital Marketing in the New Age. International Journal of Advance and Innovative Research, 7(1), 2. https://www.researchgate.net/publication/344851786
Bruce, E., Shurong, Z., Ying, D., Yaqi, M., Amoah, J., & Egala, S. B. (2023). The Effect of Digital Marketing Adoption on SMEs Sustainable Growth: Empirical Evidence from Ghana. Sustainability, 15(6), 4760. https://doi.org/10.3390/su15064760
Cunningham, J. A., Damij, N., Modic, D., & Olan, F. (2023). MSME technology adoption, entrepreneurial mindset and value creation: a configurational approach. Journal of Technology Transfer, 48(5), 1574–1598. https://doi.org/10.1007/s10961-023-10022-0
Dole, V. . (2020). Understanding the Limitations of Digital Marketing. Vidyabharati International Interdisciplinary Research Journal, 10(2), 222–226. www.viirj.org
Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA). (2019). Study on MSMEs Participation in the Digital Economy in ASEAN: Nurturing ASEAN MSMEs to Embrace Digital Adoption. 1–28. https://asean.org/storage/2012/05/Study-on-MSME-Participation-in-the-Digital-Economy-in-ASEAN.pdf
Erlangga;, H., Sunarsi;, D., Pratama;, A., Nurjaya;, Sintesa;, N., Hindarsah;, I., Juhaeri;, & Kasmad. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672–3678. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1648
Farida, F. K., Ausat;, A. M. A., Gadzali;, S. S., Marleni;, & Sari, D. M. (2023). The Impact of Social Media on Consumer Behavior. Communnity Development Journal, 4(1), 843–847. https://doi.org/10.2139/ssrn.3655318
Gabelaia, I., & Tchelidze, L. (2022). Significance of Digital Marketing Strategies for Continuity of SMEs. International Journal of Management, Knowledge and Learning, 11, 187–196. https://doi.org/10.53615/2232-5697.11.187-196
Hayes, A. (2021). What Is Social Media Marketing (SMM). Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/s/social-media-marketing-smm.asp
Jaya, U. A., & Raya, A. N. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Penjualan UMKM di Era Pandemi (Studi Kasus Desa Cibolang). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 378–387.
Latupapua, C. V, & Kowey, W. O. (2023). Commitment Mediates Knowledge Sharing Behavior On Organizational Citizenship. Jurnal Ekonomi, 12(04), 1537–1544.
Listiyani, F., Haque, M. G., & Nurochani, N. (2023). Pengaruh Content dan Review Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Membeli Makanan Halal Gen Z: Studi di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 494. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.29509
Luhung, B. (2023). Digital Marketing Strategy to Increase Sales of SHIBIRU MSME Products. Jurnal Dinamika Manajemen, 14(1), 111–123.
Merry M. Pelupessy, Erlinda Tehuayo, W. T. (2021). Menumbuhkan Jiwa Enterprenuer Masyarakat Desa Sawai Pada Masa Pandemi Covid-19. Communnity Development Journal, 2(3), 1081–1086.
Nuseir, M. T., & Aljumah, A. (2020). The role of digital marketing in business performance with the moderating effect of environment factors among SMEs of UAE. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(3), 310–324.
Pattiruhu, Josef R, Tabelessy Walter, S. R. (2023). Strategic Model For MSME Development in Maluku Province. JOSS: Journal of Social Science, 2(10), 847–859. https://doi.org/https://doi.org/10.57185/joss.v2i10.140
Pelupessy Merry, M., Tehuayo, E., Tubalawony, J., & Tabelessy, W. (2023). Peningkatan Kinerja UMKM Melalui Peran Strategi Pemasaran di Desa Lilibooi, Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(02), 66–73.
Rashed Nasr, A. (2021). The Importance of Digital Marketing on the Success of Service Companies in the Kingdom of Saudi Arabia. Academic Journal of Research and Scientific Publishing, 2(24), 56–67. https://doi.org/10.52132/ajrsp.e.2021.243
Reken, F., Sitaniapessy, R. H., Huwae, V. E., & ... (2023). Optimalisasi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Bagi Pelaku UMKM di Pulau Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah. Innovative: Journal Of …, 3, 4300–4309. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4048%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/4048/2875
Rousta, A. (2015). The 7 pillars of Digital Marketing (Allison Turza Bajger PhD (ed.); Second Edi).
Sania, A. P., & Aulia, P. (2021). Pengaruh Konten Pemasaran Instagram @Tumbas.origine terhadap Keputusan Pembelian pada Tahun 2020. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 6(2), 85–93. https://doi.org/10.33005/mebis.v6i2.221
Singade, N. P. (2022). Importance of Digital Marketing. Journal of Emerging Technologies and Innovative Research (JETIR), 9(5), 59–62.
Sofiyah, F. R., & Yulinda, M. (2018). The Influence Of Social Media On Buying Decisions On Women Small And Medium Enterprises (MSMEs) In North Sumatera. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), 46, 515–520. https://doi.org/10.2991/ebic-17.2018.81
Tabelessy, W; E. R. Tamher, L. S. (2022). Minat Beli Konsumen Kedai Blue Shelter Dipengaruhi Oleh Content Marketing Dan Word of Mouth. Jurnal Unika, 9(1), 1–11.
Tabelessy W, Ralahallo FN, Loppies LS, Pattinaja EM, S. M. (2023). Implementation of the 7P Marketing Mix Principles as a Marketing Strategy for Business People: Application to the Business Community of KP. Ambon CU. Hati Amboina, Ambon, Indonesia. Indonesian Community Empowerment Journal, 3(2), 136–142. https://scholar.archive.org/work/g2tpocx2orgipjzgycb22grq34/access/wayback/https://icejournal.com/index.php/icejournal/article/download/10/11
Tabelessy, W. (2023). The Role of Food Quality and Halal Certificates to Improve Consumer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Social Service and Research, 03(05), 1127–1136.
Tabelessy, W., Pelupessy, M. M., Tehuayo, E., & Tubalawony, J. (2023). Upaya Transformasi Mindset: Promosi Konvensional Menuju Promosi Media Sosial Pada Komunitas Nen Dit Sakmas. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 215–221.
Tabelessy, W., Rehatta, P. N. R., & Saununu, S. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Jiwa Kewirausahaan Bagi Kelompok Usaha Mekar Sari Di Desa Laha. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 589–594. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4446
Tubalawony;, J., Pelupessy, M. M., Tabelessy, W., & Thenu, C. J. (2023). Peran E-Satisfaction dalam Memediasi Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Loyalty pada Pengguna Aplikasi Blibli . Com. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4491–4498.
Vinerean, S. (2017). Content Marketing Strategy. Definition, Objectives and Tactics. Expert Journal of Marketing, 5(2), 92–98.
Xiang, H. (Hao), & Darodjat, T. A. (Tubagus). (2021). Digital Marketing Strategy Research On Sport Brands: Case Of Lining And Xtep, China. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 8(06), 230–236. https://e-resources.perpusnas.go.id:2119/publications/429221/
Yusgiantoro, I., Wirdiyanti, R., Soekarno, S., Damayanti, S., & Mambea, I. (2019). The Impact of E-commerce Adoption on MSMEs Performance and Financial Inclusion ( FI ) in Indonesia. The Financial Services Authority, December, 1–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erlinda Tehuayo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.