OPTIMALISASI BRANDING DAN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DALAM RANGKA MENUNJANG KEWIRAUSAHAAN MANDIRI PADA PRODUK KOPI CASCARA COFFEE KEUN

Authors

  • Khoirun Nisa Bahri Universitas ‘Aisyiyah Bandung
  • Nduma Naomi Banurea Universitas ‘Aisyiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25459

Keywords:

Branding, Social Media, Instagram, Kewirausahaan, Kopi

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Salah satu sumber daya alam yang memiliki peluang besar dalam pengembangan industri  yaitu kopi. Industri kopi memiliki pasar yang besar dan juga didukung dengan potensi bahan baku yang berlimpah. Indonesia adalah negara produsen biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia dengan produksi rata-rata sekitar 700 ribu ton per tahun atau sekitar 9% dari produksi kopi dunia. Melalui perkembangan tersebut, Indonesia yang awalnya dikenal sebagai produsen kopi, perlahan berkembang menjadi negara konsumen kopi. Bahkan, industri pengolahan kopi nasional tidak hanya menjadi pemain utama di pasar domestik, tetapi juga telah merambah sebagai pemain global. Semakin meningkatnya permintaan akan kopi di Indonesia, semakin meningkat pula produksi kopi di Indonesia. Semakin banyaknya produksi kopi, semakin meningkat pula limbah dari kopi menjadi tinggi. Limbah kopi memiliki potensi jika diolah kembali menjadi sebuah produk dapat memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Coffee Keun merupakan UMKM yang memproduksi produk olahan kopi dan juga limbah kopi berupa minuman yang diberi nama Kopi Cascara. Coffee Keun terbilang baru dalam bisnis minuman kopi oleh karena itu banyak terdapat kekurangan dalam hal branding maupun strategi pemasarannya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan pada UMKM Coffee Keun agar dapat bersaing dalam pasar dan dapat mengembangkan produknya secara terus menerus.

References

Aaker, D. A. (2009). Managing brand equity. simon and schuster.

Ariva, A. N., Widyasanti, A., & Nurjanah, S. (2020). Pengaruh Suhu Pengeringan Terhadap Mutu Teh Cascara dari Kulit Kopi Arabika (Coffea arabica). Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 12(1), 21-28.

VIDADA, I. A. STRATEGI MEREK DALAM PEMASARAN PRODUK.

Garis, P., Romalasari, A., & Purwasih, R. (2019, August). Pemanfaatan limbah kulit kopi cascara menjadi teh celup. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 279-285).

Nafisah, D., & Widyaningsih, T. D. (2018). Kajian metode pengeringan dan rasio penyeduhan pada proses pembuatan teh cascara kopi arabika (Coffea arabika L.). Jurnal Pangan dan Agroindustri, 6(3).

Rangkuti, F. (2004). The power of brands. Gramedia pustaka utama.

https://kemenperin.go.id/artikel/21117/Industri-Pengolahan-Kopi-Semakin-Prospektif

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Bahri, K. N. ., & Banurea, N. N. . (2024). OPTIMALISASI BRANDING DAN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DALAM RANGKA MENUNJANG KEWIRAUSAHAAN MANDIRI PADA PRODUK KOPI CASCARA COFFEE KEUN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1686–1690. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25459