PENGEMBANGAN SKILLS BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA SANTRIWAN DAN SANTRIWATI MDT. TAKMILIYAH PONDOK PESANTREN AHLUSSUNNAH WALJAMAAH AMBUNTEN TIMUR SUMENEP
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24309Keywords:
Content Creator, Dropshipper, Platform E-commerce.Abstract
Kegiatan ini dilakukan bertujuan memberikan bekal kepada santriwan dan santriwati MDT Takmiliyah Pondok Pesantren Ahlussunnah Waljamaah, para santriwan dan santriwati kelas akhir ditargetkan dalam kegiatan karena mereka akan segera keluar dari pondok pesantren untuk menempuh kehidupan selanjutnya. Saat ini permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurang update persoalan perkembangan teknologi bahkan ada kemungkinan dari sebagian mereka masih ada yang belum bisa menghidupkan dan mematikan komputer, selain itu peserta merupakan kaum milenial yang dekat sekali dengan Internet akan tetapi penggunaan smartphone mereka tidak dipergunakan sebagai ponsel pintar yang seharusnya, handphone mereka hanya digunakan untuk kegiatan – kegiatan nonproduktif seperti chatting dan bermain game yang hanya membuang waktu, sehingga menjadi perlu memberikan pemahaman bagi mereka bagaimana seharusnya menggunakan handphone mereka dengan hal – hal yang produktif seperti menjadi content creator dan jualan Online menggunakan platform e-commerce seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Tiktok, WhatsApp dan Instagram. Kegiatan ini menjadi penting mengingat mereka sebentar lagi akan berhenti dari pondok pesantren karena sudah kelas akhir dan akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu Fase melanjutkan pendidikan dan fase bekerja.Kegiatan ini dilakukan di Aula Pesantren yang berlokasi di Desa Ambunten Timur Kecamatan Ambunten, dalam proses pelaksanaan pelatihan peserta sangat antusias mengikuti dan memberikan tambal balik berupa pertanyaan terhadap pemateri. Setelah metari selesai disampaikan, pemateri melakukan simulasi bagaiamana memilih konten yang sesuai dengan bakat dan berjualan online menggunakan aplikasi sosial media ataupun E-commerce.References
Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, V(2), 77–84.
Ilham, A. A., Zainuddin, Z., Nurtanio, I., Niswar, M., Warni, E., Tahir, Z., Alimuddin, A. P., & Yohannes, C. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat dalam Upaya Membangun Desa Digital. 6, 95–106.
Kania, D. (2020). Banyak Anak Ingin Jadi YouTuber dan Selebgram, Ini Triknya. Okezone.Com. https://lifestyle.okezone.com/read/2020/07/29/196/2254012/banyak-anak-inginjadi-youtuber-dan-selebgram-ini-triknya
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33.
Majid, N. W. A., Fauzi, A., Sari, D. P., Ridwan, T., Widodo, S., Meyriska, N., Adawiyah, R. A. Al, & Nurunnisa, M. (2022). Pengembangan Keterampilan Digital Content Creator Pelajar Tingkat Menegah Atas di Kabupaten Purwakarta. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 283. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i2.9898
Roni Eka, Yose, Kusdarini Wewen dkk. (2023) LITERASI DIGITAL DAN DIGITAL SKILLS PADA MASA PANDEMI DAN ERA 4.0 DI SMA 2 ADABIAH PADANG.pdf. (n.d.).
Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1076–1092.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Universitas Wiraraja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.