OPTIMALISASI TALENTA MELALUI WORKSHOP PUBLIC SPEAKING, CONTENT CREATOR DAN EVENT MARKETING

Authors

  • Fatkhul Imron Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sri Wijiastuti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Istinganah Eni Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Syahriar Abdullah Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Supartini Supartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rissa Marina Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12092

Keywords:

Optimalisasi Talenta, Public Speaking, Content Creator, Event Marketing

Abstract

Berinovasi dan berkreasi dalam berwirausaha menjadi salah satu upaya dalam optimalisasi perputaran roda perekonomian Indonesia. Pemberdayaan para mahasiswa dalam berwirausaha diharapkan dapat membantu proses menjadi pengusaha yang mampu bersaing diberbagai sektor usaha yang ada saat ini. Sehingga team pengabdian kepada masyarakat berinisiasi untuk berkegiatan dengan judul optimalisasi talenta melalui workshop public speaking, content creator dan event marketing. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring lebih dari 25 mahasiswa Volunteer Squad Jawara UTP. Workshop ini dilakukan dengan menggunakan berbagai metode : ceramah, diskusi, konsultasi (coaching clinic). Materinya berupa Public Speaking, Content Creator & Event Marketing.. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara bagi para peserta yang bertujuan untuk memahami para peserta berkenaan dengan kegiatan pelatihan ini.Hasil pada akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatnya ketrampilan dan pemahaman para mahasiswa Volunteer Squad Jawara UTP mengenai public speaking, content creator dan event marketing, dengan adanya penambahan pada jumlah pembeli bagi usaha rintisan mahasiswa dan juga meningkatnya jumlah usaha rintisan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam pelatihan ini.

References

Adiyani, R., Widodo, Z. D., & Widodo, R. M. (2022). Strategi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Industri Kreatif Berbasis Cetak Saring Manual sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Industri di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 1425–1431. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3129

Anisah, & Sakinah, A. (2020). Konsep Manajemen Talenta dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Sains, 5(2), 238–240. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.206

Harmen, H. (2018). Pengaruh Talent Management dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara II (Survei Pada Kantor Direksi Tanjung Morawa). Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 4(2). https://doi.org/10.31289/jkbm.v4i2.1587

Hidayah, H., Sumarno, Ritonga, N. A., & Yani, A. (2022). Pelatihan Conten Creator Sukses Psb ( Penerimaan Siswa/I Baru) Menggunakan Adobe Photoshop Di Yayasan Hidayatullah Batam. Jurnal AlMuharrik, 2(1), 13–17.

Islamiah, K. (2021). PENGARUH PUBLIC SPEAKING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KINERJA PELAKU BISNIS SEKTOR USAHA MENENGAH KECIL MIKRO ( UMKM ) DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Komunikasi Dan New Media, 1(1), 23–34.

Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). PEMBUATAN E-COMMERCE PEMESANAN JASA EVENT ORGANIZER UNTUK ZERO SEVEN ENTERTAIMENT. 14(1), 41–46.

Mende, C. D., & Dewi, Y. E. P. (2021). Pengaruh Manajemen Talenta terhadap Employee Engagement dan Work From Home sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.14710/jab.v10i1.36055

Muslih, M., & Marbun, S. O. (2020). Workshop Mekanisme Open Journal System ( Ojs ) Dan Hak Cipta Bagi Dosen Tri Bhakti Business. Jurnal Pengabdian Masyarakat TRI PAMAS, 2(2), 121–128.

Nuraeni, E., & Junita, I. (2019). Peran Content Creator pada Instagram dalam Pemasaran Produk. Prosiding Manajemen Komunikasi, 5(2), 375–381.

Polina, M. (2018). Peningkatan Kompetensi Sosial Guru Melalui Workshop Guru Di SD Negeri 030424 Lae Ikan Tahun 2018. Jurnal IImiah Pendidikan, 85–96.

Rahmadany, A. F. (2022). Pelatihan Public speaking Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(1), 74–78.

Ramdhani, E. C., Sapitri, J. E., & Rizkyansyah, M. (2018). Sistem Informasi Penyewaan Peralatan Event Organizer Berbasis Web pada PT . Adecon Jakarta. 1(3), 390–397.

Santi, R. D., Andari, & Martina, R. M. (2019). Peran Pelatihan Dan Workshop Bagi Peningkatan Motivasi, Inovasi Dan Kreativitas Pada UMKM Kerajinan Tangan Dari Manik-Manik. 1(2), 59–65.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Imron, F. ., Wijiastuti, S., Eni, I., Abdullah, S., Supartini, S., Marina, R. ., & Widodo, Z. D. (2023). OPTIMALISASI TALENTA MELALUI WORKSHOP PUBLIC SPEAKING, CONTENT CREATOR DAN EVENT MARKETING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 164–169. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12092