SOSIALISASI PLATFORM DIGITAL UNTUK TEUNGKU DAYAH DALAM REKRUTMEN SANTRI BARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21880Keywords:
Sosialisasi, Platform Digital, Teungku Dayah, Rekruitmen SantriAbstract
Kegiatan sosialisasi penggunaan platform digital bagi teungku dayah MUDIA Kabupaten Pidie Jaya. Mitra menghadapi masalah dengan keterbatasan teungku dayah dalam membuat akun di platform digital dan menggunakannya sebagai sarana promosi dayah mereka. Teungku, sebagai guru dayah, dapat memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan dayah mereka dan merekrut santri baru, bahkan masyarakat sangat terbantu dalammempelajari profil dayah. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah dengan metode ceramah dan melalui latihan praktik (drill practice) pembuatan akun platform digital. Target luaran kegiatan ini adalah dengan kegiatan pelatihan ini bisa menghasilkan Jurnal terakreditasi Sinta. Setelah menganalisis kebutuhan dari teungku dayah MUDIA, maka disepakati untuk memberikan materi pengenalan plat form digital dan manfaatnya serta pendampingan langsung dalam mempromosikan profil dayah. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 25 orang guru dayah. Plat form digital yang dihasilkan yaitu akun facebook, akun instagram, akun youtube dan akun tiktok. Kemudian dengan memanfaatkan plat form digital dapat meningkatkan visibilitas mereka di dunia digital, meningkatkan promosi dayah, dan memperkuat daya saing santri dalam era digital yang terus berkembang.References
Informasi, S. (2022). JINTEKS ( Jurnal Informatika Teknologi dan Sains ) ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN JINTEKS ( Jurnal Informatika Teknologi dan Sains ). 4(2).
Kristanto, T., Hadiansyah, W., Nasrullah, M., Amalia, A., Anggraini, E., & Firmansyah, A. (2020). Strategi Pemasaran Digital Dalam Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Analisis SWOT. MULTINETICS, 6, 128–133. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i2.3415
Latifah, A., Dewi, Y., Harahap, N., Murtafiah, N. H., & Pemasaran, S. (2022). Strategi Pemasaran Digital Dalam Penerimaan Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 65–78.
Musdholifah, M., Wardoyo, D. T. W., Iriani, S. S., Hartono, U., & Kautsar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kelas Online untuk Guru SMA di Kabupaten Magetan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 49. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i1.673
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Respati, P. P., Basyari, A. S., & Kurniawan, A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Aktivitas Promosi dan Pemasaran Di SMKS Muhammadiyah 3 Cerme Utilization of Digital Marketing as Promotional and Marketing Activities at SMKS Muhammadiyah 3 Cerme. 3(2), 153–161.
Rizal, M., Putra, A., Hidayahtullah, M., Pratama, A., Sosial, F. I., & Politik, D. (2022). Implementasi Digital Pr Pada Um Buton Dalam Menyebarkan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 55.
Sa’diah, H., Hakim, N., Yudiyanto, Y., & Suhendi, S. (2022). Analisis Penerimaan Siswa Man 1 Metro Terhadap Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Akademika, 11(01), 145–162. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1764
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 02(01), 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Sugeng, S. (2022). MANAJEMEN MARKETING JASA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13, 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335
Yulianingsih, Y., Mutia, I., & Cholifah, W. N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 487. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.14294
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Rizal, T Rafli Abdillah, Yuhaiyatul Akbar, Hanafiah Hanafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










