PEMBERDAYAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENULISAN CERITA ANAK DI DESA TANIMULYA, KECAMATAN NGAMPRAH, KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21743Keywords:
Buku Cerita, Komik Anak, Literasi.Abstract
Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu menghasilkan buku cerita atau komik anak. Sasaran dari kegiatan ini, untuk membedayakan mutu kehidupan masyarakat di pemberdayaan guru sekolah dasar dalam penulisan cerita anak di Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran yaitu (1) bagi guru sekolah dasar dapat menulis cerita anak yang relevan sesusai kebutuhan peserta didik; (2) bagi masyarakat dapat meningkatkan buku bacaan anak untuk mendukung literasi anak; dan (3) bagi praktisi maupun akademisi dapat diperoleh cerita anak yang relevan dengan kebutuhan anak dan masyarakat berdasarkan situasi dan kondisi terkini yang diciptakan guru sekolah dasar.References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.
Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media pembelajaran masyarakat modern. Jurnal Teknodik, 18(1), 54–62.
Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Education Research: An Introduction. New York: Longman.
Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (2003). Education Research: An Introduction. New York: Longman.
Chen, Y., Guo, C. J., Lim, K. M., Mun, K. J., Otsuji, H., Park, Y. S., Sorrell, D., & Winnie So, W. M. (2020). The influence of school entry skills in literacy and numeracy on the science achievement of fourth grade students and schools in Asian regions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8385
Dick, Walter, Lou Carey, & James O. Carey. (2005). The Syistematic Design of Instruction: Sixth Edition. New York: Pearson.
Fox, E. M. (2019). Mobile Technology. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(2). https://doi.org/10.19173/irrodl.v20i2.3961.
Goldbort, R. C. (1991). Science in Literature: Materials for a thematic teaching. The English Journal, 80(3), 69–73. http:??www.jstor.com/stable/819558.
Hopkins, I., & Roberts, D. (2015). “Chocolate covered broccoli”? Games and the Teaching of literature. Changing English: Studies in Culture and Education, 22(2), 222–236. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/1358684X.2015.1022508
Macaluso, M. (2015). Trending bedfellows: The teaching of literature and critical approaches. English Journal, 104.6, 78–80. http://www.jstor.org/stable/24484442
Mawadah, A. H. (2018). Pemanfaatan big book sebagai media literasi anak usia dini. A?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 57–72. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352
Mawer, S. (2005). Science in literature. Nature, 434(March 17), 297–298. https://www.nature.com/nature
Nami, F. (2020). Educational smartphone apps for language learning in higher education: Students’ choices and perceptions. Australasian Journal of Educational Technology, 36(4), 82–95. https://doi.org/10.14742/ajet.5350
Ng, W., & Nicholas, H. (2015). iResilience of science pre-service teachers through digital storytelling. Australasian Journal of Educational Technology, 31(6), 736–751. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.1699
Nugroho, M. Y. A. (2018). Cerita fiksi sebagai bacaan pengayaan pembelajaran sains di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK Unsiq, 1(1).
Pusmenjar. (2020a). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusmenjar. (2020b). Desain pengembangan soal asesmen kompetensi minimum 2020
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Robertson, J. K. (1951). Science in literature (p. 36). Queen’s Quarterly.
Wangid, M. N., Mustadi, A., & Putri, A. R. (2018). Fairy story integration for meaningful classroom. Cakrawala Pendidikan, XXXVII(2), 161–169. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19516
Rataj, M., & Wójcik, J. (2020). The mobile learning adoption model tailored to the needs of a private university. Electronic Journal of E-Learning, 18(4), 311–323. https://doi.org/10.34190/EJEL.20.18.4.004
Yildiz, G., Yildirim, A., Akça, B. A., Kök, A., Özer, A., & Karata?, S. (2020). Research trends in mobile learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 21(3), 175–196. https://doi.org/10.19173/irrodl.v21i3.4804
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmah Purwahida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.