PEMBERDAYAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENULISAN CERITA ANAK DI DESA TANIMULYA, KECAMATAN NGAMPRAH, KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Rahmah Purwahida Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21743

Keywords:

Buku Cerita, Komik Anak, Literasi.

Abstract

Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu menghasilkan buku cerita atau komik anak.  Sasaran dari kegiatan ini, untuk membedayakan mutu kehidupan masyarakat di pemberdayaan guru sekolah dasar dalam penulisan cerita anak di Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Kontribusi mendasar pada khalayak sasaran yaitu (1) bagi guru sekolah dasar dapat menulis cerita anak yang relevan sesusai kebutuhan peserta didik; (2) bagi masyarakat dapat meningkatkan buku bacaan anak untuk mendukung literasi anak; dan (3) bagi praktisi maupun akademisi dapat diperoleh cerita anak yang relevan dengan kebutuhan anak dan masyarakat berdasarkan situasi dan kondisi terkini yang diciptakan guru sekolah dasar.

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.

Anwas, O. M. (2014). Audiobook: Media pembelajaran masyarakat modern. Jurnal Teknodik, 18(1), 54–62.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (1983). Education Research: An Introduction. New York: Longman.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. (2003). Education Research: An Introduction. New York: Longman.

Chen, Y., Guo, C. J., Lim, K. M., Mun, K. J., Otsuji, H., Park, Y. S., Sorrell, D., & Winnie So, W. M. (2020). The influence of school entry skills in literacy and numeracy on the science achievement of fourth grade students and schools in Asian regions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8385

Dick, Walter, Lou Carey, & James O. Carey. (2005). The Syistematic Design of Instruction: Sixth Edition. New York: Pearson.

Fox, E. M. (2019). Mobile Technology. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(2). https://doi.org/10.19173/irrodl.v20i2.3961.

Goldbort, R. C. (1991). Science in Literature: Materials for a thematic teaching. The English Journal, 80(3), 69–73. http:??www.jstor.com/stable/819558.

Hopkins, I., & Roberts, D. (2015). “Chocolate covered broccoli”? Games and the Teaching of literature. Changing English: Studies in Culture and Education, 22(2), 222–236. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/1358684X.2015.1022508

Macaluso, M. (2015). Trending bedfellows: The teaching of literature and critical approaches. English Journal, 104.6, 78–80. http://www.jstor.org/stable/24484442

Mawadah, A. H. (2018). Pemanfaatan big book sebagai media literasi anak usia dini. A?-?iby?n: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 57–72. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1352

Mawer, S. (2005). Science in literature. Nature, 434(March 17), 297–298. https://www.nature.com/nature

Nami, F. (2020). Educational smartphone apps for language learning in higher education: Students’ choices and perceptions. Australasian Journal of Educational Technology, 36(4), 82–95. https://doi.org/10.14742/ajet.5350

Ng, W., & Nicholas, H. (2015). iResilience of science pre-service teachers through digital storytelling. Australasian Journal of Educational Technology, 31(6), 736–751. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.1699

Nugroho, M. Y. A. (2018). Cerita fiksi sebagai bacaan pengayaan pembelajaran sains di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK Unsiq, 1(1).

Pusmenjar. (2020a). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusmenjar. (2020b). Desain pengembangan soal asesmen kompetensi minimum 2020

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Robertson, J. K. (1951). Science in literature (p. 36). Queen’s Quarterly.

Wangid, M. N., Mustadi, A., & Putri, A. R. (2018). Fairy story integration for meaningful classroom. Cakrawala Pendidikan, XXXVII(2), 161–169. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19516

Rataj, M., & Wójcik, J. (2020). The mobile learning adoption model tailored to the needs of a private university. Electronic Journal of E-Learning, 18(4), 311–323. https://doi.org/10.34190/EJEL.20.18.4.004

Yildiz, G., Yildirim, A., Akça, B. A., Kök, A., Özer, A., & Karata?, S. (2020). Research trends in mobile learning. International Review of Research in Open and Distance Learning, 21(3), 175–196. https://doi.org/10.19173/irrodl.v21i3.4804

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Purwahida, R. . (2023). PEMBERDAYAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENULISAN CERITA ANAK DI DESA TANIMULYA, KECAMATAN NGAMPRAH, KABUPATEN BANDUNG BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10721–10724. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21743