STRATEGI EDUPRENEUR BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.10352

Keywords:

Edupreneur, Motivasi Berwirausaha

Abstract

Perspektif berwirausaha sulit dan tidak bisa dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar menjadi salah satu faktor ketidaksiapan calon guru sekolah dasar dalam menumbuhkan semangat berwirausaha, sementara di era digital ini calon guru dasar harus menyiapkan kompetensi yang kompleks. Kompetensi bagi mahasiswa calon guru dasar ini membutuhkan strategi yang efektif. Maka dari itu, dibutuhkan strategi edupreneur yang konstruktif bagi calon guru sekolah dasar agar dapat menumbuhkan minatnya dalam berwirausaha. Edupreneur merupakan konsep pendidikan kewirausahaan yang menempatkan sikap berwirausaha dalam pendidikan. Adapun metode pelaksanaan dengan melakukan presentasi dan tugas proyek wirausaha. Hasil dari kegiatan ini mahasiswa calon guru sekolah dasar mampu membuat ide wirausaha dan melaksanakan praktik wirausahanya, sehingga menumbuhkan minat berwirausaha lebih konstruktif.

Author Biography

Muh. Husen Arifin, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

References

Arifin, M. H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Kabupaten Probolinggo. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 1–3. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.545

Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change, 150(September 2019), 119791. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.119791

Kickul, J., & Gundry, L. (2002). Prospecting for Strategic Advantage: The Proactive Entrepreneurial Personality and Small Firm Innovation. Journal of Small Business Management, 40(2), 85–97.

Kollmann, T., Stöckmann, C., Niemand, T., Hensellek, S., & de Cruppe, K. (2019). A configurational approach to entrepreneurial orientation and cooperation explaining product/service innovation in digital vs. non-digital startups. Journal of Business Research, September, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.041

Maulina, E., Muftiadi, A., & Rasmini, M. (2018). Model Pemantauan Perkembangan Wirausaha Baru dalam Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Unpad, 2(1).

Winoto, J., & Rokhman, W. (2014). Motivasi Mahasiswa Menjadi Wirausaha Di Kabupaten Kudus?: Studi Komparatif. Equilibrium, 2(2), 274–287.

Downloads

Published

2023-02-08 — Updated on 2023-02-09

How to Cite

Arifin, M. H., & Herlambang, Y. T. (2023). STRATEGI EDUPRENEUR BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 213–216. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.10352