PENDAMPINGAN PENGENALAN EKONOMI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR SIDOMULYO I KOTAANYAR PROBOLINGGO

Authors

  • Muh Hamzah Universitas Nurul Jadid
  • Wiwin Warliah Universitas Nurul Jadid
  • Dwi Laila Rosa Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21037

Keywords:

Kewirausahaan, Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Pengenalan pembelajaran ekonomi kewirausahaan pada Sekolah Dasar Sidomulyo I adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar ekonomi dan kewirausahaan kepada siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa bagaimana melakukan pengelolaan keuangan dan pengenalan kewirausahaan tingkat dasar. Metode yang digunakan melibatkan pelatihan khusus bagi mahasiswa  pendamping, pengembangan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa SD, dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang interaktif. Selama proses ini, mahasiswa kampus mengajar berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam memahami konsep-konsep ekonomi dasar dan keterampilan kewirausahaan sederhana Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi kewirausahaan pada siswa SD Sidomulyo 1 efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep ekonomi dan kewirausahaan. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong minat siswa dalam eksplorasi bidang ekonomi dan kewirausahaan di masa depan.  Pengabdian ini memberikan pandangan yang berharga tentang peran mahasiswa dalam pendidikan dasar, sementara juga memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan generasi muda untuk memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip ekonomi dan kewirausahaan dalam kehidupan mereka.

References

Maf’ulah, S., Hartiningrum, E. S. N., & Susamto, S. R. (2021). Pelatihan Daur Ulang Sampah Menjadi Produk Bernilai Guna. Un Penmas (Jurnal Pengabdian Masyarakat Untuk Negeri), 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.29138/Un-Penmas.V1i1.1586

Mulyani, E. (2012). Model Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jep.V8i1.705

Agustina, D. A. (2017). Model Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), Article 2, Oktober. Https://Doi.Org/10.32497/Bangunrekaprima.V3i2

Andrew, R., & Cudivia, V. G. (2023). Pengenalan Dasar – Dasar Kewirausahaan Untuk Peserta Didik Di Sd Kristoforus 2 Jakarta. Jurnal Serina Abdimas, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24912/Jsa.V1i1.23847

Pangesti, I. (2018). Kebijakan Dan Penerapan Model Pendidikan Kewirausahaan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(1), 72–81.

Winarsih, S. (2016). Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. International Conference Of Moslem Society, 124–135. Https://Doi.Org/10.24090/Icms.2016.2409

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Hamzah, M. ., Warliah, W. ., & Rosa, D. L. (2023). PENDAMPINGAN PENGENALAN EKONOMI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR SIDOMULYO I KOTAANYAR PROBOLINGGO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10287–10291. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21037