PELATIHAN PEMBUATAN MODUL ELEKTRONIK BIDANG KESEHATAN DI SMKS KESEHATAN AMBON

Authors

  • Hamdan Hariawan Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku
  • Suardi Zurimi Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku
  • Rizal Rizal Politeknik Kesehatan Kemenkes Maluku

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20593

Keywords:

Modul Elektroni, Kesehatan, Canva

Abstract

Banyak inovasi di bidang Pendidikan kesehatan yang lahir sebagai dampak positif pandemic yang diterapkan saat ini. Salah satunya adalah modul elektronik. Modul elektornik merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring (dalam jaringan) di bidang kesehatan. Modul elektronik juga sebagai bentuk adaptasi terhadap kemajuan teknologi saat ini. Sehingga diperlukan peningkatan keterampilan pendidik seperti guru dalam membuat modul elektronik. Peningkatan kemampuan dan keterampilan membuata modul elektronik dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan dengan memanfaatkan platform Canva. Kegiatan pelatihan terdiri dari beberapa metode seperti metode ceramah, diskusi dan demonstrasi atau praktik langsung. Sehingga kegiatan pelatihan tidak hanya meningkatkan aspek pengetahuan saja, tetapi juga aspek afektif dan psikomotor. Sehingga capaian pelatihan tidak hanya meningkatkan pengetahuan peserta saja, tetapi juga berupa kemampuan peserta dalam menyusun atau membuat bahan ajar seperti modul elektronik dengan memanfaatkan platform Canva. Tidak hanya itu, melalui pelatihan juga peserta dapat mengeksplorasi manfaat canva lainnya dalam membuat bahan ajar bidang kesehatan.

References

BCCNP. (2020). Effect of COVID-19 pandemic on nursing education programs , faculty and students. British Columbia College of Nursing Professionals. https://www.bccnp.ca/bccnp/Announcements/Pages/Announcement.aspx?AnnouncementID=139

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(I), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Elvionita, M. (2021). Pengaruh Penerapan Modul Elektronik Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sungai Penuh (Vol. 3, Issue March). Universitas Islam Negeri Sulthan Thana Saifuddin Jambi.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020a). Online Learning during Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Firman, F., & Rahayu, S. (2020b). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (2020). Data Covid-19.

Hariawan, H., Kaluku, S., & Keperawatan Poltekkes Kemenkes Maluku, J. (2022). Canva Application as a Learning Media for Human Anatomy Physiology. http://jkt.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/home/index

Hariawan, H., Tidore, M., & Rahakbauw, G. Z. (2020). Application of “CERDIK” Behavior Model in Schools as an Effort to Improve Diabetes Mellitus Prevention Behavior. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 305–309. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i3.1147

Hutahaean, L. A., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Iteraktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 1(2018), 298–305.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Irkhamni, I. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. 127–134.

Lestiyanawati, R., & Widyantoro, A. (2020). Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting E- Learning System During COVID-19 Outbreak. Journal of Culture, Literature, Linguistic and English Teaching, 2(1), 71–82.

Novianto, D. R., Suryoputro, A., & Widjanarko, B. (2019). The Effectiveness Of Media “ Remaja Cerdik Mobile ” Android -Based Application On Adolescents’ Knowledge, Attitude And Self Efficacy On Prediabetes Prevention. The International Journal of Health, Education and Social, 2(9).

Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017a). Development Of Electronic Module Class Xi Of Jasmani, Sports And Health Education Class Xi Online Based Edmodo Programs. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017b). Development Of Electronic Module Class Xi Of Jasmani, Sports And Health Education Class Xi Online Based Edmodo Programs. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 2(1), 1–12.

Sari, I. P., & Sundari, S. (2019). The Application of Learning Videos to Clinical Skills in Nursing Education: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpki.v5i1.15128

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Yandrizal, Y., Noer, M., Andalas, U., Dasman, H., & Andalas, U. (2018). Policy and role analysis integrated health education centers for non- communicable diseases toward the prevention and controlling of hypertension. Indian Journal of Public Health Research & Development, 9(12). https://doi.org/10.5958/0976-5506.2018.01920.4

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Hariawan, H., Zurimi, S. ., & Rizal, R. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL ELEKTRONIK BIDANG KESEHATAN DI SMKS KESEHATAN AMBON. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11004–11008. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20593