PELATIHAN PENYUSUNAN STANDART OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGELOLAAN SAMPAH DI KALURAHAN TEGALTIRTO BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE)

Authors

  • Desy Eliana Universitas Siber Muhammadiyah
  • Nabela Putri Yanuari Universitas Siber Muhammadiyah
  • Ridho Surya Kusuma Universitas Siber Muhammadiyah
  • Rizki Kurniawan Saputra Universitas Siber Muhammadiyah
  • Rakmat Prasetyo Agung Nugroho Universitas Siber Muhammadiyah
  • Khairina Eka Setyaputri Universitas Siber Muhammadiyah
  • Andita Sulistiyowati Universitas Siber Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28088

Keywords:

SOP, Bumdes, Tegaltirto, Sampah

Abstract

Sumber sampah tertinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah berasar dari sampah rumah tangga yaitu sebanyak 65, 15%. Tegaltirto menjadi salah satu wilayah yang mengalami dampak akibat penumpukan sampah yang tidak terorganisir dan tidak terkelola dengan tepat. Hal tersebut karena belum memiliki standar operasional prosedur dalam pengelolaan sampah akibat rendahnya pengetahuan petugas pengelola sampah dalam menyusun SOP. Oleh karena itu pelatihan penyusunan SOP menjadi hal yang urgnet untuk dilakukan di kalurahan Tegaltirto. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan persiapan penyusunan SOP, Pembentukan organisasi tim pengabdian masyarakat dan pengelola BumDes, perencanaan, penyusunan, dan evaluasi. Dampak dari kegiatan ini adanya perbedaan pengetahuan dan sikap penyusunan SOP Pengelolaan Sampah berbasis 3R. Peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan penyususnan SOP pengelolaan sampah berbasis 3R sebesar 12.14% dan peningkatan sikap sebesar 10.34 %.  

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Eliana, D. ., Yanuari, N. P. ., Kusuma, R. S. ., Saputra, R. K. ., Nugroho, R. P. A. ., Setyaputri, K. E. ., & Sulistiyowati, A. . (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN STANDART OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGELOLAAN SAMPAH DI KALURAHAN TEGALTIRTO BERBASIS 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4153–4161. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28088