PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN UMKM MELALUI QRIS DAN PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA DODOL PULUT INDAH LESTARI DI DESA TANJUNG ALAM KABUPATEN ASAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19205Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, QRIS, Pengabdian Kepada Masyarakat, Dodol Pulut Indah Lestari.Abstract
Dodol Pulut Indah Lestari (DPIL) adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner dengan produk dodol. Karena kualitas produk yang baik dan terjaga, DPIL terkenal sebagai produk khas Desa Tanjung Alam dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Asahan. Seiring dengan perkembangan teknologi, DPIL dituntut untuk melakukan digitalisasi UMKM pada usahanya. Namun karena kurang memadainya kemampuan sumber daya manusia yang ada, DPIL tertinggal cukup jauh dibandingkan dengan perkembangan yang ada. Akibatnya penjualan DPIL perlahan-lahan menurun. Permasalahan yang dihadapi DPIL meliputi bidang produksi, manajemen usaha dan pemasaran. Permasalahan pada bidang produksi yaitu minimnya variasi produk dan kurang menariknya pengemasan produk. Pada bidang manajemen usaha khususnya manajemen keuangan, DPIL mengalami kendala dalam melakukan pencatatan keuangan. Karena selama ini masih dilakukan secara sederhana. Permasalahan DPIL dalam bidang pemasaran terletak pada strategi pemasaran yang belum memanfaatkan teknologi. Ini disebabkan oleh kualitas sumber daya manusia yang belum mampu untuk merealisasikan pemasaran digital. Selain itu, perlunya perizinan baik izin usaha, izin BPOM dan izin kehalalan produk sebagai faktor pendukung pemasaran produk. Tujuan pengabdian kepada masyarakat Skema Program Pemberdayaan Masyarakat adalah terwujudnya digitalisasi UMKM DPIL. Setelah melaksanakan pengabdian ini hasil yang dicapai adalah peningkatan level keberdayaan mitra baik dari segi produksi yang lebih beragam, pengemasan yang lebih baik dan menarik, pemasaran secara digital, dan pengunaan QRIS sebagai salah satu alternatif pembayaran transaksi penjualan. Begitu juga dengan peningkatan kualitas produk seiring dengan penambahan varian produk, pengemasan sampai dengan perizinan produk.References
Dewi Ga, Wulandari Aaai, Permana Dgy. Adaptasi Perilaku Konsumen Atas Digitalisasi Pasar Tradisional Di Kota Denpasar. Jurnal Bening Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam. 2022;9(2):190–4.
Suryanti Os, A’in C, Rudiyanti S, Falah Wa. Pengembangan Umkm Di Kelurahan Mangunharjo, Tugu, Semarang Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat [Internet]. 2022;2(6). Tersedia Pada: Http://Bajangjournal.Com/Index.Php/J-Abdi
Yuliati T, Handayani T. Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital Qris Sebagai Alat Pembayaran Pada Umkm. Communnity Development Journal. 2021;2(3).
Sihaloho Je, Ramadani A, Rahmayanti S. Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan Umkm Di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis [Internet]. 2020;17(2):287–97. Tersedia Pada: Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Magister-Manajemen/
Tengku S, Mhd S, Habib Ip, Dkk. Pelatihan Dan Pendampingan Bisnis Rumahan Umkm Dalam Penerapan Pemasaran Online, Pengemasan Produk, Dan Perizinan Usaha Di Desa Tanjung Alam Kec Sei Dadap Kab Asahan. Comunitaria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022;2(1):29-33. Tersedia Pada: Http://Jurnal.Una.Ac.Id/Index.Php/Comunitaria/
Wulandari Pa, Bahit M, Iryanie E. Sosialisasi Dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Pembayaran Non Tunai Pada Sistem Penjualan Ayam Geprek Surabaya Di Banjarbaru Dan Martapura. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022;1(3):355–62.
Utami Ra, Ibanah I, Novikarumsari Nd. Pendampingan Sistem Aplikasi Keuangan Dan Pengembangan Promosi Digital Ukm “Resep Iboe” Dalam Penerapan Less Contact Economy Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 2021;5(1):760–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tengku Syarifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.