FILSAFAT ILMU PERAN DAN ORIENTASI KEILMUAN DI ERA 5.0 SOCIETY
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19136Keywords:
Filsafat Ilmu, Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0Abstract
Dengan rasa senang atau tidak, setuju atau tidak, rela atau tidak, kini dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Hal ini tentunya telah mengakibatkan degradasi dan pergeseran nilai yang melanda masyarakat di Era Society 5.0. Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi cyber dalam setiap aktivitas manusia, tentu saja hal ini berdampak pada banyak aspek kehidupan, termasuk pada dunia Pendidikan. Bahkan kini muncul istilah Pendidikan 4.0 yang menggambarkan respons dunia pendidikan untuk menyelaraskan manusia dan mesin agar menemukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Tentunya berbagai inovasi baru tersebut diharapkan memecahkan masalah yang ada, dan mendapatkan solusi atas masalah tersebut. Lalu bagaimana semua ini bisa berkembang dengan pesatnya? Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran Filsafat Ilmu yang merupakan induk Ilmu Pengetahuan (The Mother of Science). Dengan ilmu pengetahuan tercipta perubahan dan perkembangan dalam bidang teknologi. Sehingga Filsafat ilmu merupakan jembatan yang berperan penting dalam perkembangan teknologi. Tulisan ini berusaha memberikan penjelasan tentang Filsafat Ilmu: Peran dan Orientasi Keilmuan di Era 5.0 Society. Maka, Tim PKM menawarkan metode pengabdian dengan memberikan pendidikan tambahan bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan berupa Stadium General (Kuliah Umum).References
Bakhtiar, A. (2012). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fukuda, K. (2020). Science, technology and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International Journal of Production Economics, 220(2), 107–129.
https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417
https://plus.kapanlagi.com/57-kata-kata-buat-teman-seperjuangan-menginspirasi-dan-penuh-pelajaran-berharga-3439b0.html
https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jhpis/article/download/543/505#:~:text=Penelitian%20Amsal%20Bakhtiar%20(2012)%20mengemukakan,sama%20lain%20karena%20saling%20terintegrasi.
https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.07.033
Muhammad Rijal Fadli, (2021). Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, Vol. 31, No. 1 (2021), p. 130–161. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/download/42521/31083
Nurhaliza (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya. P. 11-19.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK: Journal of Proceedings Series, 5, 22–28.
Sosialhttps://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/SEJARAH/article/download/62/pdf
Ulil Amri Syafri (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Slamet Riyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










