FILSAFAT ILMU PERAN DAN ORIENTASI KEILMUAN DI ERA 5.0 SOCIETY

Authors

  • Slamet Riyadi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19136

Keywords:

Filsafat Ilmu, Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0

Abstract

Dengan rasa senang atau tidak, setuju atau tidak, rela atau tidak, kini dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Hal ini tentunya telah mengakibatkan degradasi dan pergeseran nilai yang melanda masyarakat di Era Society 5.0. Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi cyber dalam setiap aktivitas manusia, tentu saja hal ini berdampak pada banyak aspek kehidupan, termasuk pada dunia Pendidikan. Bahkan kini muncul istilah Pendidikan 4.0 yang menggambarkan respons dunia pendidikan untuk menyelaraskan manusia dan mesin agar menemukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Tentunya berbagai inovasi baru tersebut diharapkan memecahkan masalah yang ada, dan mendapatkan solusi atas masalah tersebut. Lalu bagaimana semua ini bisa berkembang dengan pesatnya? Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran Filsafat Ilmu yang merupakan induk Ilmu Pengetahuan (The Mother of Science). Dengan ilmu pengetahuan tercipta perubahan dan perkembangan dalam bidang teknologi. Sehingga Filsafat ilmu merupakan jembatan yang berperan penting dalam perkembangan teknologi. Tulisan ini berusaha memberikan penjelasan tentang Filsafat Ilmu: Peran dan Orientasi Keilmuan di Era 5.0 Society. Maka, Tim PKM menawarkan metode pengabdian dengan   memberikan pendidikan tambahan bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan berupa Stadium General (Kuliah Umum).

References

Bakhtiar, A. (2012). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fukuda, K. (2020). Science, technology and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International Journal of Production Economics, 220(2), 107–129.

https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

https://plus.kapanlagi.com/57-kata-kata-buat-teman-seperjuangan-menginspirasi-dan-penuh-pelajaran-berharga-3439b0.html

https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jhpis/article/download/543/505#:~:text=Penelitian%20Amsal%20Bakhtiar%20(2012)%20mengemukakan,sama%20lain%20karena%20saling%20terintegrasi.

https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.07.033

Muhammad Rijal Fadli, (2021). Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, Vol. 31, No. 1 (2021), p. 130–161. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/download/42521/31083

Nurhaliza (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya. P. 11-19.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK: Journal of Proceedings Series, 5, 22–28.

Sosialhttps://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/SEJARAH/article/download/62/pdf

Ulil Amri Syafri (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019)

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Riyadi, S. . (2023). FILSAFAT ILMU PERAN DAN ORIENTASI KEILMUAN DI ERA 5.0 SOCIETY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7636–7642. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19136

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.