PENERAPAN DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KOPERASI DAN UMKM DI DESA JENETALLASA

Authors

  • Hernita Hernita STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Iwan Perwira STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Adriani Adriani STIE LPI Makassar
  • Ryan Ardika Akbar STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Sitti Musdalifa Aggreni STIM Lasharan Jaya Makassar
  • Mawar Fitriazahra Universitas Negeri Makassar
  • Zamrud Ichsan Rafi Universitas Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19012

Keywords:

Penerapan, Digitalisasi Pemasaran dan Keuangan

Abstract

PMP penerapan digitalisasi pemasaran dan keuangan pada koperasi dan UMKM desa Jenetallasa kabupaten Gowa. Program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan koperasi melalui peningkatan kemampuan dalam bidang pemasaran dan keuangan.  Target pelaksanaan kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan pengalaman koperasi dan UMKM dalam digitalisasi pemasaran dan keuangan . Pelaku koperasi dan UMKM dapat memahami serta dapat menerapkan pelatihan yang diperoleh dengan baik dan berkelanjutan. Selain itu tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan akan tetapi bisa menjadi tambahan income baru sehingga perekonomian koperasi dan UMKM lebih makmur di masa yang akan datang.Program ini terbagi dalam 3 tahapan besar yaitu mulai dari persiapan, dilanjutkan pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi. Pelaksanaan program ini dapat berlangsung sesuai dengan harapan karena peran serta pelaku koperasi dan UMKM sangat baik , semangat dan antusiasnya dalam menerima materi dan pendampingan serta ketersediaan tempat pelaksanaan kegiatan.Hasil yang diperoleh adanya peningkatan kemampuan dalam digital pemasaran dan keuangan pada koperasi dan UMKM.

References

Ikatan Akuntan Indonesia, PSAK No 16. Jakarta,2019.

Indarti, N., & Yulianto, E. (2020). Digital marketing strategies for micro, small, and medium enterprises (MSMEs) during the COVID-19 pandemic. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(8), 609-617.

Kuncoro, M. (2017). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi: Panduan praktis mengolah data dengan SPSS (7th ed.). Jakarta: Erlangga. Mardikanto T, Afianto, D.A.Lestari.D.A, & Wibowo , A (2020), The effect of digital marketing and social media on consumer purchasing decisions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6) , 405-414.

Mardikanto, T., Arifianto, D. A., Lestari, D. A., & Wibowo, A. (2020). The effect of digital marketing and social media on consumer purchasing decisions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 405-414.

Putra R.D. 2018. Digitalisasi dan pemberdayaan ekonomi kreatif di Indonesia.Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan,19 (2) 113-114.

Tjiptono, F. 2019. Strategi Pemasaran : Prinsip dan Penerapan , Yogyakarta. Penerbity ANDI

Wardoyo, R., & Santoso, M. B. (2020). Digital marketing strategies for micro, small, and medium enterprises during the COVID-19 pandemic in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 18(3), 221-230.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Hernita, H., Perwira, I. ., Adriani, A., Akbar, R. A. ., Aggreni, S. M. ., Fitriazahra, M., & Rafi, Z. I. . (2023). PENERAPAN DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KOPERASI DAN UMKM DI DESA JENETALLASA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7442–7447. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19012