PENERAPAN DIGITALISASI PEMASARAN DAN KEUANGAN PADA KOPERASI DAN UMKM DI DESA JENETALLASA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19012Keywords:
Penerapan, Digitalisasi Pemasaran dan KeuanganAbstract
PMP penerapan digitalisasi pemasaran dan keuangan pada koperasi dan UMKM desa Jenetallasa kabupaten Gowa. Program Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) ini ditujukan untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan koperasi melalui peningkatan kemampuan dalam bidang pemasaran dan keuangan. Target pelaksanaan kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan pengalaman koperasi dan UMKM dalam digitalisasi pemasaran dan keuangan . Pelaku koperasi dan UMKM dapat memahami serta dapat menerapkan pelatihan yang diperoleh dengan baik dan berkelanjutan. Selain itu tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan akan tetapi bisa menjadi tambahan income baru sehingga perekonomian koperasi dan UMKM lebih makmur di masa yang akan datang.Program ini terbagi dalam 3 tahapan besar yaitu mulai dari persiapan, dilanjutkan pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi. Pelaksanaan program ini dapat berlangsung sesuai dengan harapan karena peran serta pelaku koperasi dan UMKM sangat baik , semangat dan antusiasnya dalam menerima materi dan pendampingan serta ketersediaan tempat pelaksanaan kegiatan.Hasil yang diperoleh adanya peningkatan kemampuan dalam digital pemasaran dan keuangan pada koperasi dan UMKM.References
Ikatan Akuntan Indonesia, PSAK No 16. Jakarta,2019.
Indarti, N., & Yulianto, E. (2020). Digital marketing strategies for micro, small, and medium enterprises (MSMEs) during the COVID-19 pandemic. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(8), 609-617.
Kuncoro, M. (2017). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi: Panduan praktis mengolah data dengan SPSS (7th ed.). Jakarta: Erlangga. Mardikanto T, Afianto, D.A.Lestari.D.A, & Wibowo , A (2020), The effect of digital marketing and social media on consumer purchasing decisions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6) , 405-414.
Mardikanto, T., Arifianto, D. A., Lestari, D. A., & Wibowo, A. (2020). The effect of digital marketing and social media on consumer purchasing decisions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 405-414.
Putra R.D. 2018. Digitalisasi dan pemberdayaan ekonomi kreatif di Indonesia.Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan,19 (2) 113-114.
Tjiptono, F. 2019. Strategi Pemasaran : Prinsip dan Penerapan , Yogyakarta. Penerbity ANDI
Wardoyo, R., & Santoso, M. B. (2020). Digital marketing strategies for micro, small, and medium enterprises during the COVID-19 pandemic in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 18(3), 221-230.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hernita
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.