PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH GURU SEKOLAH DASAR DI SDI OESAPA KECIL 1 KOTA KUPANG

Authors

  • Markus Sampe Universitas Nusa Cendana
  • Rista Apriliya Devi Universitas Nusa Cendana
  • Maxsel Koro Universitas Nusa Cendana
  • Kurniayu Triastuti R. A. Ratu Universitas Nusa Cendana
  • Adam Bol Nifu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18760

Keywords:

Publikasi Artikel Ilmiah

Abstract

Publikasi ilmiah salah satu hal yang menjadi muara dari karya-karya inovatif yang dilakukan guru terkait proses pembelajarannya. Karya-karya inovatif yang diciptakan dan telah diterapkan kemudian dipublikasikan agar dapat diketahui, dipelajari dan diterapkan oleh guru-guru lainnya. Dengan demikian karya inovatifnya tersebut dapat bermanfaat dan berefek secara meluas bagi peningkatan kualitas pendidikan. Berdasarkan permasalahan yang telah ditemukan di sekolah dasar maka dapat difokuskan permasalahan yang dihadapi mitra sekolah sebagai berikut: 1) Keterbatasan pemahaman yang komprehensif tentang publikasi ilmiah untuk pengembangan profesionalisme dan karir guru SD, 2) Rendahnya kompetensi menyusun proposal penelitian yang aplikatif untuk dilaksanakan oleh guru SD, dan 3) Rendahnya kompetensi tentang penyusunan artikel ilmiah dan prosedur mempublikasi-kan artikel ilmiah. Untuk itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi tentang permasalahan dikalangan guru SD tersebut. Dengan adanya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk membekali pemahaman secara komprehensif bagi guru SD tentang Kebijakan Pengembangan Karir Guru dan Regulasi Tentang Publikasi Ilmiah untuk Guru sehingga membuat para guru dapat meningkatkan wawasannya tentang Kebijakan Pengembangan Karir Guru dan Regulasinya, Memberikan Pelatihan kemampuannya secara teknis dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian pendidikan di SDI Oecapa 1 Kota Kupang, Meningkatkan kemampuannya secara teknis dalam menyusun artikel ilmiah yang layak dipublikasikan.

References

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor : 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

M. Risminawati, 2017. "Problematika Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah Sebagai Pengembangan Kompetensi profesional di SD Muhammadiyah 5 Surakarta," eprints ums, p. http://eprints.ums. ac.id/ 50879/22/NASKAH%20 PUBLIKASI.pdf.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 35 Tahun 2010. Tentang Petunjuk Teknis

Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan angka kreditnya. Kementrian Pendidikan Indonesia.

Sukarno, 2016. "Kendala dan Upaya Pengembangan Keprofesioan Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah," in Prosiding Seminar Nasional Inovasi pendidikan 2016, Surakarta.

Undang -Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi Kemdikbud, "gtk.kemdikbud.go.id," 2009. [Online]. Available: http://gtk.kemdikbud.go.id/files/ permen_tahun2009_nomor016.pdf.

W. Krismanto, 2016. "Publikasi Ilmiah Sebagai Wujud Profesionalisme Guru," eprints unm, pp. http://eprints.unm.ac.id/3093/1/3.makalah-publikasi ilmiah-wawan.pdf.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Sampe, M. ., Devi, R. A. ., Koro, M. ., Ratu, K. T. R. A. ., & Nifu, A. B. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH GURU SEKOLAH DASAR DI SDI OESAPA KECIL 1 KOTA KUPANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7272–7278. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18760