PENDAMPINGAN SISWA KELAS 1 DALAM MEMAHAMI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATEMATIKA BERBANTUAN BENDA KONKRIT DI MI MAMBAUL FALAH

Authors

  • Zaenol Fajri Universitas Nurul Jadid
  • Nurul Laili Afrida Universitas Nurul Jadid
  • Rizki Fitriya Nitasari Universitas Nurul Jadid
  • Fiki Zulfikar Universitas Nurul Jadid
  • Habibullah Habibullah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18711

Keywords:

Pendampingan, Penjumlahan Dan Pengurangan Matematika, Benda Konkrit.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah sering mengalami kendala, salah satunya adalah dari guru ataupun dari siswa, terutama pembelajaran matematika dikalangan siswa kelas 1 adalah mata pelajaran yang menimbulkan masalah karena sulit memahami materi pelajarannya berbeda dengan materi yang lainnya, apalagi siswa kelas 1 masih masa peralihan dari taman kanak-kanak yang masih sangat membutuhkan bimbingan khusus terutama tentang penjumlahan dan pengurangan seperti yang dialami siswa kelas 1 MI Mambaul Falah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu peserta didik kelas 1 dalam memahami penjumlahan dan penguran menggunakan bantuan media benda konkrit yang ada di sekitar peserta didik. Metode pelaksanaannya adalah Service Learning (SL) pada siswa kelas 1 MI mambaul Falah bondowoso untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar penjumalahan dan pengurangan dengan memanfaatkan media konkrit yang ada disekitar siswa. Langkah-langkah pelaksanaan pengabdian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan sebagai bahan feedback dari kegiatan yang sudah dilakukan. Hasil kegiatan pengabdian ini secara umum sudah dapat membantu lembaga Pendidikan MI Mambaul Falah, namun secara khusus siswa kelas 1 yang mengalami kesulitan dalam belajar, siswa lancar dan faham tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan bantuan media konkrit yang ada disekitar siswa.

References

Amri, S. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah dalam Teori Konsep dan Analisis. Prestasi Pustakarya.

Arief, A. R. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Syiah Kuala University Press.

Arifin, B. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. FALASIFA?: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 1–20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.115

Asiah, N. (2017). Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Iain Raden Intan Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 20–33. http://103.88.229.8/index.php/terampil/article/view/1803

Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 70.

Fajri, Zaenol,. Sukron Junaidi, . Hamdani Alfarisi. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2739

Fajri, Z. (2010). Pembelajaran Kooperatif dengan Menerapkan Teori Brunner Pokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IVA SD Negeri Tamanan 2 Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Jember.

Fajri, Z. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas II Berbasis Kontekstual Subtema tumbuhan di Sekitarku di SDN tamanan 2 Bondowoso. PPs UM.

Fajri, Z. (2019a). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 1–10. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/478

Fajri, Z. (2019b). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/ MI. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 46–55. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/477

Fajri, Z. (2020). Pengembangan LKS Tematik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Sub Tema Anggota Keluargaku untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 15–21. http://194.59.165.171/index.php/KGU/article/view/244

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/228

Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Edisi Khusus Hasil Riset Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(1), 37–43. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/download/4436/1397.

Jamaluddin, J. (2021). Manajemen Kualitas Pendidikan. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(2), 1–15.

KBBI. (2016). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, 19700428. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kemdikbud. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2013/11/ uu-nomor-20-%0Atahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.pdf. Diakses pada 13 November 2016 Pukul 08.20

Khadijah. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Impelentasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertfikasi Guru. Rajawali Pers.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Munib, A. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT MKU UNNES.

Munif, M., Sali, M., Fajri, Z., Mahmuda, M., & Farlina, T. (2022). Implementation of Number Block Game Techniques for Learning Number Symbol in Early Childhood. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3449–3459. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2074

Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. May, 5.

Nurlela, M., & Amelia, P. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Paud Terhadap Kemampuan Manajerial Kelas. Atthufulah?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v2i1.1332

Richardo, R. (2016). Program Guru Pembelajar: Upaya Peningkatan Guru Profesionalisme Guru Abad 21. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 777–785. https://core.ac.uk/download/pdf/289793503.pdf

Rifa’i, A. dan C. T. A. (2011). Psikologi Pendidikan. UPT MKU UNNES.

Rora, R. W. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Pustaka pelajar.

Rozaki, C,. Muhammad, H, R,. Muhammad, A, M. (2016). Strategi Pembelajaran Active Learning untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di RA Ma’arif 1 Kota Metro. Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 181–188.

Shofiyah, S., & Jakarta, U. M. (2021). Pemahaman Orang Tua Dan Guru Pendidikan Anak Usia. November, 57–61.

Siswoyo, A, A. (2012a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistik Matematic Education (RME).

Siswoyo, A, A. (2012b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistik Matematic Education (RME). Pascasarjana Prodi DIKDAS Universitas Negeri Malang.

Sukmadinata, N. S. (2016). Landasan Psikosologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sulha. (2020). Penerapan Montessori dalam Pembelajaran Matematika Melalui Luring Sebagai Alternatif Masa Pandemi. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 3(1), p-ISSN: 2654-6140, e-ISSN: 2656-4181. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika

Surait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Trianingsih, R. (2016). Karakter Siswa SD. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar, 3, 10.

Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI / SD (Issue 57). https://core.ac.uk/download/pdf/196543227.pdf

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Fajri, Z. ., Laili Afrida, N., Nitasari, R. F., Zulfikar, F., & Habibullah, H. (2023). PENDAMPINGAN SISWA KELAS 1 DALAM MEMAHAMI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATEMATIKA BERBANTUAN BENDA KONKRIT DI MI MAMBAUL FALAH . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7229–7237. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18711