PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI INOVASI KEMASAN OLAHAN EMPING SINGKONG DESA PETANANG KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

Authors

  • Dwi Oktaria Universitas Indo Global Mandiri
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Lesi Hertati Universitas Indo Global Mandiri
  • R.M. Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18582

Keywords:

Kemasan, Desain Kemasan, Olahan Singkong

Abstract

Desa Petanang adalah salah satu bagian dari Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, dengan hasil produksi singkong yang cukup melimpah namun masih terkendala dengan kemasan yang kurang menarik. Inovasi dan dan pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam proses bisnis, hal ini tidak lepas dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komponen perekonomian nasional paling strategis dan berpengaruh pada hajat hidup banyak orang hingga menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk olahan kelasan singkong melalui sosialisasi inovasi  kemasan, dan desain label kemasan produk, sehingga produk lebih menarik dan dapat meningkatkan keuntungan masyarakat setempat.

References

Arifudin, O. (2020). Pkm Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 3(2):20-28.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pen-gusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat.

Prakarsa, M. A. W. (2023). Packaging Produk Sebagai Daya Tarik Penjualan (Studi Kasus Produk Umkm Fast Food). Advis (Journal Of Advertising), 1(2).

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1148-1160.

Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi Umkm Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115-120.

Bisma A, H. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Hambatan Berpindah Terhadap Loyalitas Pelanggan First Media Di Sidoarjo. Jurnal Bisnis Indonesia, 8(2).

Litto, V. (2022). Ekuitas Merek Hotel Berbintang Di Jakarta: Peran Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 299-308.

Dirman, A., & Wahyuni, P. D. (2020). Pelatihan Pengembangan Kreasi Dalam Hal Packaging Produk Sebagai Strategi Marketing Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Kelurahan Kembangan Selatan. Berdaya: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 141-150.

Prameswari, N. S. (2018). Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 3(02), 179-198.

Foster, B., Reyta, F., Johansyah, M. D., Nadeak, B., & Sormin, E. (2020). Peranan Desain Kemasan Dan Branding Dalam Peningkatan Citra Merek Produk Usaha Unggulan Bandung Selatan. Jurnal Comunita Servizio, 2(2), 479-485.

Apriyani, D., Loviriani, S., Amanda, P. F., Putri, A. U., & Lazuarni, S. (2022). Pemanfaatan Olahan Singkong Menjadi Kue Dalam Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Di Desa Alai Selatan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1582-1586.

Arifudin, O. (2020). Pkm Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2).

Sari, D. R., Shellamitha, D., Pratama, Y., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafri, L., & Munandar, A. (2022). Pkm Pengembangan Produk Lokal Singkong Menjadi Keripik Singkong Rasa Balado Khas Desa Petanang Program Mbkm Kkn Tematik. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-19.

Cristina, N. N., Hertati, L., Syafitri, L., Munandar, A., & Hendarmin, R. (2022). Sosialisasi Manfaat Inovasi Pengolahan Singkong Desa Petanang Serta Fungsi Media Aplikasi Promosi Digital Program Kkn Tematik Mbkm Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 141-152.

Badri, R. E., Pratisti, C., & Putri, A. S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe Di Desa Sidodadi Asri. Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347-353.

Rioe Chandra, O., Halin, H., & Komariah Hildayanti, S. (2022). Inovasi Kemasan Dan Proses Bisnis Dodol Nanas Di Desa Kemang Kkn Tematik Program Mbkm Mahasiswa Indo Global Mandiri. Jpm Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(12). Http://Bajangjournal.Com/Index.Php/Jpm

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Oktaria, D. ., Hildayanti, S. K. ., Hertati, L. ., & Hendarmin, R. R. . (2023). PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI INOVASI KEMASAN OLAHAN EMPING SINGKONG DESA PETANANG KECAMATAN LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 6987–6992. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18582

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.