SOSIALISASI TEKNOLOGI ROBOT DALAM MENINGKATKAN LITERASI TEKNOLOGI PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Ahmad Munawir Universitas Bina Bangsa
  • Syarifah Aini Universitas Bina Bangsa
  • Halimatus Sa’diyah Universitas Bina Bangsa
  • Laksmi Evasufi Widi Fajari Universitas Bina Bangsa
  • Rahmad Ridho Zaelani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18106

Keywords:

Sosialisasi, Teknologi, Robotik, Literasi Teknologi

Abstract

Teknologi robot telah menjadi bagian integral kehidupan modern, dan literasi teknologi menjadi penting dalam memahami dan berinteraksi dengan dunia yang semakin terhubung dan canggih. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sosialisasi teknologi robot di lingkungan pendidikan dapat berkontribusi pada peningkatan literasi teknologi pada peserta didik. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di SDN 2 Teras Bendung, Desa Kamaruton, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Banten. Metode yang digunakan pada kegiatan ini survey lapangan, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, persiapan, sosialisasi, dan analisis konten kegiatan sosialisasi robotik yang diimplementasikan dalam lingkungan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi teknologi robot melalui pendidikan berdampak positif pada literasi teknologi peserta didik. Partisipasi aktif dalam kegiatan pembuatan dan pemrograman robot mengaktifkan keterampilan kognitif, pemecahan masalah, dan kreativitas. Interaksi langsung dengan teknologi robot mendorong pemahaman mendalam tentang prinsip teknologi dan konsep pemrograman. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berkolaborasi dan berkomunikasi dalam konteks teknologi. Kesimpulannya, sosialisasi teknologi robot dalam lingkungan pendidikan efektif meningkatkan literasi teknologi peserta didik. Dengan mengintegrasikan kegiatan robotik pada kurikulum, sekolah dapat membantu peserta didik mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi, mempersiapkan generasi muda untuk mengehadapi tantangan dunia teknologi modern, dan memungkinkan berpartisipasi aktif dalam masyarakat yang semakin terhubung secara teknologi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi metode terbaik dalam mengintegrasikan sosialisasi teknologi robotik dalam konteks pendidikan untuk hasil yang optimal.

References

Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118

Al, M. D. B. (2023). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–301. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272

Azizah, M. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jurnal Sosiologi Nusantara, 6(1), 45–54. https://doi.org/doi.org/10.33369/jsn.5.1.45-54

Benitti, F. B. V. (2012). Computers & Education Exploring the educational potential of robotics in schools?: A systematic review. Computers & Education, 58(3), 978–988. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.10.006

Bers, M. U., Seddighin, S., & Sullivan, A. (2013). Ready for Robotics?: Bringing Together the T and E of STEM in Early Childhood Teacher Education. Jl. of Technology and Teacher Education, 21(3), 355–377. https://www.learntechlib.org/primary/p/41987/.

Budiyanto, C. W., Amri, S., Yuana, R. A., Widiastuti, I., & Harjunowibowo, D. (2023). Integrasi Computational Thinking Menggunakan Lego Robotika pada Pembelajaran Pemrograman. DEDIKASI?: Community Service Reports, 5(January), 36–46. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66483

Cholish, Siagian, S. M., Abdullah, Pardede, S., Chrisna, S., Tampubolon, F. R., & Gunoro. (2023). PKM Pelatihan dan Penerapan Pembelajaran Robotika Siswa di SD Muhammadiyah 27 Medan Kec . Medan Perjuangan Kota Medan. Abdi Sabha (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/jas.v4i2.882

Faridawati, Minarto, E., Wati, I. I., Sutrisno, & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. SPEKTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat?: Teknologi Dan Aplikasi, 1(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826

Febrianto, T., & Susilo, N. (2014). Fasilitas Teknologi Robotika di Kota Surabaya. Jurnal EDimensi Arsitektur, II(1), 23–29. https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-arsitektur/article/view/1639

Fuada, S., Hendriyana, Majid, N. W. A., Sari, N. T. A., Isnawan, O. A. R., Zahra, Z. N., Danuarteu, M. D., Agustin, S., & Andriyani, D. D. (2022). Transfer Knowledge Robot Sederhana untuk Mengenalkan Teknologi Robot Bagi Anak-Anak di Dusun Galingan, Boreng, Lumajang, Jawa Timur. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 111–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2161

Handayani, A. N., Lestari, D., Sendari, S., & Fadlika, I. (2020). Pelatihan Robot Edu Bagi Siswa SDN Sumbersuko di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 11–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.770

Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Septiyani, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). PEMBELAJARAN BERBASIS STEM MELALUI MEDIA ROBOTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA ABAD 21 SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR ( SIKL ). 1st ICIE: International Conference on Islamic Education, 1, 83–96. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE%0APEMBELAJARAN

Karim, A. (2014). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Fikrah, 2(1), 273–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v2i2.563

Leotman, B. D., Syaka, D. R. B., & Priyono. (2016). Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakulikuler Robotik Studi Kasus SMP Almuslim Bekasi. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 2(2), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPTV.2.2.4 PENGEMBANGAN

Miselina, R., & Muhid, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD Elementary School Students. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 136–146. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14555

Mukti, A. B. S., Felixia, P. A. I., & Dewantoro, G. (2022). Ekstrakurikuler Robotika?: Sarana Pengembangan Minat dan Bakat Siswa SD Negeri 02 Salatiga. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(01), 65–75. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7772

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Nurasih, W. (2019). Social Humanoid Robot dan Pengembangan Karakter Sosial Qurani Manusia. Raushan Fikr, 8(2), 217–234. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.3063

Nyholm, S., & Smids, J. (2019). Can a Robot Be a Good Colleague? Science and Engineering Ethics, 26(21). https://doi.org/10.1007/s11948-019-00172-6

Sambuaga, R. C., Gosal, P. H., & Takumansang, E. D. (2022). ROBOTIC EXPLORER DI MANADO Futuristic Architecure. Jurnal Arsitektur DASENG, 11(1), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/daseng.v11i1.43253

Saputra, A. (2020). PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI: TANTANGAN DAN KESEMPATAN Anri Saputra. 3(1).

Uddin, N., Jaya, S., & Purwandaru, P. (2020). MATAPPA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v3i2.646

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiolog, 3(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444

Yoga, S. (2018). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Zviel-girshin, R. (2020). Robotics as a Tool to Enhance Technological Thinking in Early Childhood. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 294–302. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09815-x

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Munawir, A. ., Aini, S. ., Sa’diyah, H. ., Fajari, L. E. W. ., & Zaelani, R. R. . (2023). SOSIALISASI TEKNOLOGI ROBOT DALAM MENINGKATKAN LITERASI TEKNOLOGI PADA PESERTA DIDIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6651–6658. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18106