LITERASI DIGITAL DAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL KALANGAN PELAJAR DI SMAN WIRA BANGSA ACEH BARAT

Authors

  • Khori Suci Maifianti Universitas Teuku Umar
  • Rahma Hidayati Universitas Teuku Umar
  • Fiandy Mauliansyah Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1716

Keywords:

Literasi Digital, Media Sosial, Remaja

Abstract

Di zaman sekarang, perkembangan literasi digital berkembang cukup pesat. Dalam literasi digital itu bukan hanya sekedar kemampuan mencari, menggunakan dan menyebarkan informasi akan tetapi, diperlukan kemampuan dalam membuat informasi dan evaluasi kritis, ketepatan aplikasi yang digunakan dan pemahaman mendalam dari isi informasi yang terkandung dalam konten digital tersebut. Di sisi lain literasi digital mencakup tanggung jawab dari setiap penyebaran informasi yang dilakukannya karena menyangkut dampaknya terhadap masyarakat. Penyuluhan tentang pentingnya literasi digital dan kesadaran etika dalam bermedia sosial ini dilaksanakan pada bulan April 2021 lalu. Bertempat di Aula Utama Sekolah SMAN Wira Bangsa Aceh Barat, kami mengajak para siswa untuk berdiskusi sambil bermain tentang fenomena media sosial. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa meskipun penggunaan media sosial memberi dampak positif, perkembangan media sosial ternyata juga dapat memberikan dampak negatif. Anak maupun remaja memiliki keterbatasan untuk melakukan regulasi diri. Mereka juga rentan mendapatkan tekanan dari teman sebaya sehingga mereka memiliki resiko tinggi terpapar dampak negatif dari penggunaan media sosial. Penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa resiko yang mungkin didapatkan seperti terpaparnya konten pornografi atau konten negatif lain dan kurangnya pemahaman mengenai isu privasi.

Author Biographies

Khori Suci Maifianti, Universitas Teuku Umar

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar

Rahma Hidayati, Universitas Teuku Umar

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas ISIP, Universitas Teuku Umar

Fiandy Mauliansyah, Universitas Teuku Umar

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas ISIP, Universitas Teuku Umar

References

Casey, Leo dan Bruce, B. C. 2011. “The practice profile of inquiry: Connecting digital literacy and pedagogy.†E-Learning and Digital Media 8(1).

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–67.

Gilster, P., & Watson, T. (1999). Digital Literacy Introduction to Excerpt. Retrieved from http://www.ncsu.edu/meridian/jul99/diglit/

Hidayatus Sholikhah, Octarina dan Lingga Nico Pradana. “Virtual Mathematics Kits (VMK): Mempromosikan Media Digital dalam Literasi Matematika.†Jurnal Profesi Pendidikan Dasar 5(2).

Hobbs, R. (2010). Digital and Media Literacy: A Plan of Action. Journal of Craniofacial Surgery (Vol. 23). United States of America: The Aspen Institute.

Nurkhasanah, Guardian, Y., Sanjaya, & Madyaningrum, E., (2015). Hubungan antara Tingkat Literasi Kesehatan dengan Self Efficacy pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Kabupaten Sleman, Skripsi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Safila, I., Guardian YK.., (2015). Hubungan antara Tingkat Literasi Kesehatan dengan Diabetes Self-Care Activities pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Kabupaten Sleman, Skripsi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Spires, Hiller dan Melissa E. Bartlett. 2012 Digital Literacies and Learning: Designing a Path Forward. North Carolina State University: The William & Ida Friday Institute for Educational Innovation.

White, S. (2008). Assessing the Nation’s Health Literacy. American Medical Association Foundation, Amerika Serikat.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Maifianti, K. S., Hidayati, R., & Mauliansyah, F. (2021). LITERASI DIGITAL DAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL KALANGAN PELAJAR DI SMAN WIRA BANGSA ACEH BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 301–305. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1716