PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGISIAN PORTOFOLIO DAN BEBAN KINERJA DOSEN (BKD) MELALUI APLIKASI SISTER DIKTI

Authors

  • Konradus Silvester Jenahut Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.16506

Keywords:

Pelatihan dan PKM, SISTER DIKTI, Portofolio, BKD

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan terhadap adaptasi dan penggunaan aplikasi SISTER DIKTI yang dialami dialami oleh para dosen di salah satu kampus di Nusa Tenggara Timur, yaitu Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER-FB). Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh para dosen di STIPER-FB, di antaranya belum memiliki akun SISTER, kesulitan melakukan pengisian biodata dan portofolio kinerja Tri Dharma, dan belum memahaminya alur proses pelaporan beban kerja dosen. PKM dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu (1) Diskusi Bersama Mitra, (2) Identifikasi Permasalahan Mitra, (3) Persiapan Materi PKM, dan (4) Sosialiasasi dan On The Job Training. Indikator keberhasilan dalam kegiatan PKM ini, yaitu (1) dosen-dosen STIPER-FB dapat memahami tentang aplikasi SISTER, (2) dosen-dosen STIPER-FB dapat memahami ketentuan dalam pengisian BKD sesuai Pedoman Operasional BKD Tahun 2021 beserta rubrik BKD; dan (3) dosen-dosen STIPER-FB dapat menguasai cara pengisian portofolio tri dharma dan pengisian BKD melalui aplikasi SISTER. Berdasarkan hasil kegiatan PKM yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan PKM Pelatihan dan Pendampingan Pengisian Portofolio dan Beban Kinerja Dosen (BKD) Melalui Aplikasi Sister Dikti di STIPER-FB bagi para dosen di STIPER-FB dinyatakan berhasil. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada hari kedua di mana 96% para peserta sudah mampu memahami dan menguasasi alur dan prosedur dalam pengelolaan aplikasi SISTER DIKTI, terkhususnya dalam pengisian portofolio tri dharma dan BKD.

References

Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. (2021). Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen Tahun 2021. In Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbud (p. 104). Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Kemendikbud.

Hendayana, Y. (2021). Transformasi SDM Pendidikan Tinggi, Ditjen Diktiristek Luncurkan Laman PAK, Selancar PAK Mobile, SISTER BKD, dan API Portofolio SISTER. Humas Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Perdana, A., Lestari, Y. D., & Budiman, A. (2020). Sosialisasi Aplikasi Sister Ristekdikti Bagi Dosen Dan Civitas Akademik Di Lingkungan Akademi Maritim Indonesia. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.35447/prioritas.v1i01.142

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Jenahut, K. S. . (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGISIAN PORTOFOLIO DAN BEBAN KINERJA DOSEN (BKD) MELALUI APLIKASI SISTER DIKTI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1282–1287. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.16506