Pelatihan PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.16402Keywords:
Pembelajaran interaktif, Pemanfaatan Teknologi, PelatihanAbstract
Pendidikan merupakan kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu bagian utama dalam proses pendidikan. Masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kompetensi guru mengenai pemanfaatan teknologi melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tridarma perguruan tinggi merupakan wujud peran serta dosen dan mahasiswa, sebagai salah satu bentuk tridarma adalah PKM. Pada era industri 5.0 Guru dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dalam memanfaatkan teknologi sebagai sumber pembelajaran. Pelatihan pemanfaatan pembelajaran interaktif dipilih sebagai media pendukung pembelajaran agar dapat menghasilkan suatu pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan berbasis visual dan grafis. Kegiatan PKM dilaksanakan pada Sekolah Dasar Tlangoh di Kecamatan Tanjung Bumi. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data dan paparan yang bersumber dari hasil pelatihan Guru Serta bersumber dari kajian literature yang relevan. Dengan dilaksanakan kegiatan ini para guru memiliki kompetensi lebih dalam pemanfaatan teknologi dan telah berhasil membangun media pembelajaran sendiri. Selain itu kreativitas guru menjadi meningkat dengan adanya kegiatan ini.References
Andri, Rogantina Meri. 2017. “Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah Research Sains 3(1):122-29.
Anita, N., Puspitasari, T. D., & Habibi, A. (2016). Pengembangan Dan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran. Prosiding. 164-167
Asmarani, Nur’aeni; 2014. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan 2(1):503 – 510.
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Peningkatan Kompetemsi Guru Paud dalam mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol, 3(04). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151
Elizabeth, T., Pratama, D., Alamsyah, D., Yoannita, Y., Inayatullah, I., & Tinaliah, T. (2021). Pelatihan aplikasi screen recorder dan video converence guna meningkatkan proses belajar mengajar. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 49-55
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualotas belajar siswa. Kwangsa, 2(1), 286949
Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali,M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745.
Wijaya, F., & Ferdinandus, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan WebBlog bagi Guru-Guru SMP Negeri 10 Ambon sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jamak, 3(1), 217-223.
Yusrizal, Intan Safiah, and Nurhaidah. 2017. “Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komnikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2):126-134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mety Liesdiani, Ria Faulina, Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.