Pelatihan PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI

Authors

  • Mety Liesdiani STKIP PGRI Bangkalan
  • Ria Faulina STKIP PGRI Bangkalan
  • Nur Aini STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.16402

Keywords:

Pembelajaran interaktif, Pemanfaatan Teknologi, Pelatihan

Abstract

Pendidikan merupakan kunci utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu bagian utama dalam proses pendidikan. Masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kompetensi guru mengenai pemanfaatan teknologi melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tridarma perguruan tinggi merupakan wujud peran serta dosen dan mahasiswa,  sebagai salah satu bentuk tridarma   adalah  PKM.  Pada era industri 5.0   Guru dituntut untuk memiliki kemampuan lebih dalam memanfaatkan teknologi sebagai sumber pembelajaran. Pelatihan pemanfaatan pembelajaran interaktif  dipilih sebagai media pendukung pembelajaran agar dapat menghasilkan suatu pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan berbasis visual dan grafis. Kegiatan PKM dilaksanakan pada  Sekolah Dasar Tlangoh di Kecamatan Tanjung Bumi. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan  data dan paparan   yang bersumber dari hasil pelatihan   Guru  Serta bersumber dari kajian literature yang relevan. Dengan dilaksanakan kegiatan ini para guru memiliki kompetensi lebih dalam pemanfaatan teknologi dan telah berhasil membangun media pembelajaran sendiri. Selain itu kreativitas guru menjadi meningkat dengan adanya kegiatan ini.

References

Andri, Rogantina Meri. 2017. “Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah Research Sains 3(1):122-29.

Anita, N., Puspitasari, T. D., & Habibi, A. (2016). Pengembangan Dan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran. Prosiding. 164-167

Asmarani, Nur’aeni; 2014. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan 2(1):503 – 510.

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Peningkatan Kompetemsi Guru Paud dalam mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol, 3(04). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151

Elizabeth, T., Pratama, D., Alamsyah, D., Yoannita, Y., Inayatullah, I., & Tinaliah, T. (2021). Pelatihan aplikasi screen recorder dan video converence guna meningkatkan proses belajar mengajar. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 49-55

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualotas belajar siswa. Kwangsa, 2(1), 286949

Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali,M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. (2020). Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745.

Wijaya, F., & Ferdinandus, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan WebBlog bagi Guru-Guru SMP Negeri 10 Ambon sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jamak, 3(1), 217-223.

Yusrizal, Intan Safiah, and Nurhaidah. 2017. “Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komnikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2):126-134.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Liesdiani, M., Faulina, R. ., & Aini, N. . (2024). Pelatihan PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5099–5103. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.16402