EDUKASI DIGITAL MARKETING BAGI IBU DASAWISMA MARKISA KELURAHAN LEMPAKE SAMARINDA

Authors

  • Fabiola Bulimasena Luturmas Politeknik Negeri Samarinda
  • Minarni Adham Politeknik Negeri Samarinda
  • Herdi Syam Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16212

Keywords:

Dasawisma, Digital Marketing, Pemasaran

Abstract

Dampak yang dirasakan akibat Pandemi Covid-19 dirasakan oleh berbagai kalangan disetiap negara.  Berbagai kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah, salah satunya yaitu kebijakan social distancing (pembatasan sosial) bagaikan pedang bermata dua.  Sebagai akibat dari kebijakan social distancing berbagai kegiatan yang awalnya dilakukan dengan tatap muka, harus beralih dengan memanfaatkan teknologi digital.  Hampir semua bidang memanfaatkan teknologi digital seperti mengakses layanan publik, bidang Pendidikan atau bahkan melakukan belanja sehari-hari.  Sebelum pandemic, sebagian besar masyarakat berbelanja secara konvensional tetapi setelah pandemic proses berbelanja dilakukan secara online tidak hanya belanja fashion tetapi berbelanja harian seperti sayur mayur dan lauk pauk. Perubahan perilaku konsumen dari konvesional menjadi digital dapat menjadi peluang usaha baru.  Hal ini khususnya dapat menjadi salah satu cara Ibu Rumah Tangga untuk menambah pendapatan keluarga melalui berwirausaha secara online.  Terkait hal tersebut maka dilalukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu Edukasi untuk meningkatkan kesadaran Ibu-ibu terkait digital marketing.  Hasil yang didapat dari kegiatan ini yaitu para peserta memperoleh manfaat berupa pengetahuan terkait digital marketing.

References

Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227–231.

Lulus Prapti, O., Universari, N., Souisa, J., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2022). EDUKASI DIGITAL MARKETING PADA KOMUNITAS SULAM PITA BINAAN LIA COLLECTION SEMARANG. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4). http://bajangjournal.com/index.php/JPM

Made, D., Ni Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, & A.A. Ngr Eddy Supriyadinata Gorda. (2022). Edukasi Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM di Pasar Kumbasari. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 110–116. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3426

Ramdhan, W., Rahayu, E., Adi Suhendra, A., Dalimunthe, R., Studi Sistem Informsi, P., Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal, S., & Studi Teknik Komputer, P. (2023). PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI IMPLEMENTASI E-CRM PADA TOKO GUCCI SHOES BUNUT. Communnity Development Journal, 4(1), 114–119.

Setiawan, E., Fajar Ariwibowo, M., & Hidayat, I. S. (2023). WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL MARKETING DI SMKN 3 PALEMBANG. Communnity Development Journal, 4(1).

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Luturmas, F. B., Adham, M., & Syam, H. (2023). EDUKASI DIGITAL MARKETING BAGI IBU DASAWISMA MARKISA KELURAHAN LEMPAKE SAMARINDA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5128–5132. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16212