PELATIHAN PENELITIAN RESEARCH AND DEVELOPMENT BAGI GURU SD NEGERI 1 ARCAWINANGUN BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1621Keywords:
Penelitian R & D, Guru Sekolah DasarAbstract
Kompetensi profesional terkait dengan kemampuan guru dalam menguasai materi dari bidang studi atau mata pelajaran yang menjadi kewenangannya secara luas dan mendalam. Kompetensi profesional juga mencakup penguasaan materi keilmuan, penguasaan kurikulum dan silabus, metode khusus pembelajaran bidang studi, dan wawasan etika serta pengembangan profesi. Kompetensi kepribadian dan sosial sangat erat berhubungan dengan kemampuan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dan efisien, baik dengan peserta didik, sesama guru, orang tua / wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Profesionalisme dapat diwujudkan dalam berbagai hal. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan terkait pengembangan kualitas kemampuannya. Materi pelatihan terkait penelitian-penelitian bagi guru sangat penting dan mutlak perlu dilakukan. Selain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sudah sering dilakukan guru, Penelitian dan Pengembangan juga penting untuk meningkatkan kinerja guru dalam bidan pedagogik dan profesionalisme. Dengan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (RnD), guru akan dapat mengevaluasi kinerjanya dalam proses belajar mengajar di kelas, guru juga dapat menghasilkan sebuah produk untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja guru dalam proses belajar mengajar di kelas, maka diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dan pada giliran selanjutnya sekolah.References
Admin Google. (2016), Google Form. Diambil kembali dari Google Form: https://www. Google.com/intl/id/forms/about/
Admin, Welcome to Google Form, Dikutip kembali dari https://www.Google.com/ intl/id/forms/about/ pada 10 Februari 2021.
Anonim. 2006. Rencana Strategik Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas Masa Bakti 2005 – 2010. Purwokerto: Majelis Dikdasmen PDM Banyumas. Tidak diterbitkan.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg, W.R. & Gall, M. 2003. Educational Research, an Introduction. New York: Longman.
Creswell, John W. 2009. Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage.
Pamujo. 2009. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto,†dalam Khazanah Pendidikan, Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume I, Nomor 2, Maret. Purwokerto: FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Putra, N. 2013. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siswoyo, Dwi, et al. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta
Suwarno dan Kartono. 2007. “Pengembangan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal Melalui Model Inkuiri,†dalam Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan. Tahun XXVI, Nomor 3. Yogyakarta: LPM Universitas Negeri Yogyakarta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Cetakan II. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.