PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN TRANSAKSI PENJUALAN PADA UMKM DI PASAR MUSI KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16146Keywords:
Digital Marketing, Sosial Media, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM di Pasar Musi Kota Depok dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital guna meningkatkan transaksi penjualan mereka. Sebelum kegiatan ini dilakukan, mayoritas pedagang di pasar tersebut tidak memiliki keberadaan digital dan tidak melakukan transaksi melalui platform sosial media. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang pedagang yang berpartisipasi secara aktif. Mereka diberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan digital marketing sebagai alat untuk mempromosikan produk dan meningkatkan aksesibilitas bagi pelanggan potensial melalui media sosial. Selama periode satu minggu pelatihan, hasil yang diperoleh sangat menggembirakan. Pedagang-pedagang yang mengikuti pelatihan mampu melakukan transaksi minimal dua kali dalam sehari melalui platform digital yang mereka kuasai. Ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan sebelumnya, ketika mereka belum memiliki kehadiran digital yang kuat. Selain itu, penggunaan strategi digital marketing juga berdampak positif pada peningkatan jumlah penonton di kanal YouTube mereka. Jumlah penonton meningkat hingga 2900 viewers, menandakan adanya minat yang meningkat dari calon konsumen yang tertarik dengan produk UMKM tersebut. Dengan adanya pendampingan digital marketing, UMKM di Pasar Musi Kota Depok mampu memanfaatkan potensi pasar online dan meningkatkan transaksi penjualan mereka. Melalui strategi pemasaran digital, mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial dan memperluas jangkauan bisnis merekaReferences
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Riquelme, I. P., & Román, S. (2014). Is the influence of privacy and security on online trust the same for all type of consumers. Electronic Markets, 24(2), 135–149. https://doi.org/10.1007/s12525-013-0145-3
Verhoef, P. C., & Bijmolt, T. H. A. (2019). Marketing perspectives on digital business models: A framework and overview of the special issue. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 341–349. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2019.08.001
Wang, Z., & Kim, H. G. (2017). Can Social Media Marketing Improve Customer Relationship Capabilities and Firm Performance? Dynamic Capability Perspective. Journal of Interactive Marketing, 39, 15–26. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2017.02.004
Yoo, C. W., Sanders, G. L., & Moon, J. (2013). Exploring the effect of e-WOM participation on e-Loyalty in e-commerce. Decision Support Systems, 55(3), 669–678. https://doi.org/10.1016/j.dss.2013.02.001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tri Widyastuti, Adi Muhajirin, Fried Sinlae
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.