PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN TRANSAKSI PENJUALAN PADA UMKM DI PASAR MUSI KOTA DEPOK

Authors

  • Tri Widyastuti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Adi Muhajirin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fried Sinlae Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16146

Keywords:

Digital Marketing, Sosial Media, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM di Pasar Musi Kota Depok dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital guna meningkatkan transaksi penjualan mereka. Sebelum kegiatan ini dilakukan, mayoritas pedagang di pasar tersebut tidak memiliki keberadaan digital dan tidak melakukan transaksi melalui platform sosial media. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang pedagang yang berpartisipasi secara aktif. Mereka diberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan digital marketing sebagai alat untuk mempromosikan produk dan meningkatkan aksesibilitas bagi pelanggan potensial melalui media sosial. Selama periode satu minggu pelatihan, hasil yang diperoleh sangat menggembirakan. Pedagang-pedagang yang mengikuti pelatihan mampu melakukan transaksi minimal dua kali dalam sehari melalui platform digital yang mereka kuasai. Ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan sebelumnya, ketika mereka belum memiliki kehadiran digital yang kuat. Selain itu, penggunaan strategi digital marketing juga berdampak positif pada peningkatan jumlah penonton di kanal YouTube mereka. Jumlah penonton meningkat hingga 2900 viewers, menandakan adanya minat yang meningkat dari calon konsumen yang tertarik dengan produk UMKM tersebut. Dengan adanya pendampingan digital marketing, UMKM di Pasar Musi Kota Depok mampu memanfaatkan potensi pasar online dan meningkatkan transaksi penjualan mereka. Melalui strategi pemasaran digital, mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial dan memperluas jangkauan bisnis mereka

References

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Riquelme, I. P., & Román, S. (2014). Is the influence of privacy and security on online trust the same for all type of consumers. Electronic Markets, 24(2), 135–149. https://doi.org/10.1007/s12525-013-0145-3

Verhoef, P. C., & Bijmolt, T. H. A. (2019). Marketing perspectives on digital business models: A framework and overview of the special issue. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 341–349. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2019.08.001

Wang, Z., & Kim, H. G. (2017). Can Social Media Marketing Improve Customer Relationship Capabilities and Firm Performance? Dynamic Capability Perspective. Journal of Interactive Marketing, 39, 15–26. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2017.02.004

Yoo, C. W., Sanders, G. L., & Moon, J. (2013). Exploring the effect of e-WOM participation on e-Loyalty in e-commerce. Decision Support Systems, 55(3), 669–678. https://doi.org/10.1016/j.dss.2013.02.001

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Widyastuti, T. ., Muhajirin, A. ., & Sinlae, F. (2023). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN TRANSAKSI PENJUALAN PADA UMKM DI PASAR MUSI KOTA DEPOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4981–4985. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16146

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.