KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR V MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG EJAAN BAHASA DI SDN 190 BENGKULU UTARA

Authors

  • Ayu Wulandari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Loliek Kania Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Irma Suryani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16033

Keywords:

Kampus Mengajar, Pemahaman Ejaan Bahasa Indonesia

Abstract

Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis pengabdian studi kasus di SDN 190 Bengkulu Utara . Teknik pegumpulan data di lakukan melalui wewancara, observasi, dan dkumentasi. Hasil pengabdian menunjukan: 1) Peran mahasiswa sebagai pendidik dalam meningkatkan pemahaman tentang ejaan bahasa indonesia pada siswa-siswi melalui karya tulis.  2) Karya tulis yang di hasilkan siswa-siswi adalah hasil dari imajinasi dan pemikiran-pemikiran mereka sendiri. 3) Mahasiswa memberika motivasi dan juga dorongan kepada siswa-siswi dalam menjalankan kegiatan ini.

References

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus:ModelMBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195 205. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/591.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan

Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj:

Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Indarta. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Marisa. (2021). Inovasi Kurikulum „Merdeka Belajar? Di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72–83.

Zamrodah, Yuhanin. (2016). Analisis Kontribusi Tenaga Kerja, 15(2), 1-23.

T. P. K. Kampus Mengajar, Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022.

Chaer, Abdul. (2011). Tata Bahasa praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sarnan. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 201-212.

Tim Penyusun. (2010). Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Wulandari, A. ., Atmaja, L. K. ., Suryani, A. I. ., Rustinar, E. ., & Lisdayanti, S. . (2023). KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR V MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG EJAAN BAHASA DI SDN 190 BENGKULU UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4590–4595. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16033