SOSIALISASI PENGELOLAAN SDM DI ERA GLOBALISASI PADA UMKM BINAAN DINAS KOPERASI DI KOTA TANGERANG PROVINSI BANTEN
Keywords:
Sosialisasi, Pengelolaan SDM. Era Globalisasi, UMKM BinaanAbstract
Sosialisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi para pelaku UMKM Binaan Dinas Koperasi, mengajarkan mereka terkait memanajemen keuangan dan e-commerce, dan memberikan pengetahuan tentang teknologi informasi di era globalisasi. Pada saat kegiatan pelaksanaan metode dipilih dengan memilih beberapa pelaku yang mengikuti sosialisasi Provinsi Tangerang. Kegiatan sosialisasi ini diberikan secara langsung kepada pelaku UMKM dan sumber daya pendukung lainnya yang diperoleh secara langsung atau tidak langsung dari informan. Hasil kegiatan sosialisasi ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh dinas koperasi Provinsi Tangerang diwujudkan dalam bentuk pengelolaan program, yaitu melalui pelatihan pengelolaan perencanaan pada bisnis dan manajemen. Adapun manfaat dari kegiatan sosialisasi ini menggunakan lima metrik yaitu peningkatan modal usaha, peningkatan pendapatan, peningkatan penjualan, peningkatan laba, peningkatan tenaga kerja, atau peningkatan sumber daya manusia. Hasil kegiatan sosialisasi menunjukkan bahwa peningkatan kelima indikator tersebut, yang menunjukkan bahwa usaha UMKM Binaan lebih baik.References
Aidha, Z. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 1(1), 42–59.
Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247.
Ayu Rizkia, A., & Rahmawati, S. (2021). Globalisasi: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anti Monopoli Dan Persaiangan Bisnis Tidak Sehat. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 631–643.
Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Harini, C., & Handayani, S. B. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif: Jurnal Manajemen, 13(2).
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Octasylva, A. (2021). Pengembagangan Umkm Tangerang Selatan Melalui Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal IPTEK, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.31543/jii.v5i1.170
Pancasasti, R., & Khaerunnisa, E. (2017). Mengelola Perilaku Kewirausahaan Mompreneur Berbasis Teknologi, Informasi Dan Komunikasi Di Kota Tangerang Selatan. Tirtayasa Ekonomika, 12(1), 113–122.
Pramudyo, A. (2014). Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, II(2), 92–100. http://www.kemenkeu.go.id/Artikel/daya-saing-sumber-daya-manusia-indonesia-menghadapi-masyarakat-ekonomi-asean
Pratana, N. K., & Margunani, M. (2019). Pengaruh sikap berwirausaha, norma subjektif dan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 533–550.
Purwanto, H., & Trihudiyatmanto, M. (2018). Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 42–52.
Putra, Y. M. (2018). Pemetaan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM pada UMKM di Kota Tangerang Selatan. Profita: Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 11(2), 201–217.
Ratiyah, R., Hartanti, H., & Setyaningsih, E. D. (2021). Inovasi dan Daya Kompetitif Para Wirausahawan UMKM: Dampak dari Globalisasi Teknologi Informasi. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 152–163.
Simanungkalit, E. F. B. (2020). Pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 13(3), 327–340.
Suhartatik, A. (2019). Faktor internal dan eksternal minat berwirausaha dan keberhasilan usaha pada UMKM di Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(1), 53–63.
Suprapto, H. A. (2018). Strategi pembelajaran kewirausahaan berbasis Teknologi Informasi (TI) terhadap peningkatan minat mahasiswa menjadi wirausaha. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1).
Tulwaidah, R., Mubyarto, N., & Ismail, M. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN STS Jambi Di BANK Syariah. JURNAL RISET MANAJEMEN, 1(1), 158–171.
Wijayangka, C., Kartawinata, B. R., & Novrianto, B. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. ECo-Buss, 1(2), 8–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wijil Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.