PELATIHAN PENGELOLAAN SDM DI ERA DIGITAL PADA KOPERASI SERBA USAHA SEMARANG

Authors

  • Rita Andini Universitas Pandanaran
  • Adji Seputra Universitas Pandanaran

Keywords:

Koperasi Serba Usaha, Dinkop Kota Semarang, UMKM, Pembinaan, Pelatihan, Dan Pendampingan

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui peran dan juga dampak pembinaan, pelatihan dan pendampingan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang dalam peningkatan kinerja usaha UMKM Binaan mereka. Metode Pelaksanaan dipilih pada pelatihan ini. Dengan mengambil sepuluh pelaku UMKM Binaan yang mengikuti program pembinaan, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Pelatihan ini dilaksanakan secara langsung melalui proses pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM dan hal pendukung lainnya yang diperoleh secara langsung atau tidak langsung dari informan. Hasil pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan oleh dinas koperasi dan usaha mikro kota Semarang dalam hal pembinaan diwujudkan dalam bentuk program inkubasi bisnis. Sedangkan untuk pelatihan diwujudkan dalam bentuk pelatihan manajemen dan bisnis plan. Adapun pendampingan yang dilakukan adalah melalui program klinik bisnis. Adapun dampak dari pembinaan, pelatihan dan pendampingan terhadap kinerja usaha mereka diukur dalam lima indikator yaitu peningkatan modal usaha, peningkatan pendapatan, peningkatan penjualan, peningkatan laba, peningkatan tenaga kerja atau SDM. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan terhadap lima indikator tersebut yang berarti adanya peningkatan kinerja usaha UMKM Binaan. Walaupun pada dampak pemasaran sebagian besar masih terfokus pada pemasaran konvensional dibanding dengan pemasaran online

References

Azhari, “Peranan Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia,” J. Serambi Ekon. dan Bisnis?Vol, vol. 4, no. 2, pp. 47–52, 2017.

F. Leuhery and R. Warbal, “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Maluku,” vol. 5, no. 2, 2018

G. Arnawa, “Manajemen Koperasi Menuju Kewirausahaan Koperasi,” Widya Amerta J. Manaj. Fak. Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2014.

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Ejurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261-289.

Purwanto, H., & Trihudiyatmanto, M. (2018). Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 42–52. Https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.211

Rahayuningsih, P. A. (2020). Pemanfaatan Digital Kufi Dalam Meningkatkan Technopreneurship Pada Organisasi Prisma. WIDYA LAKSANA, 9(2), 213-216.

Reniati, R., Sumiyati, S., & Akbar, M. F. (2021). Pelatihan pengolahan ikan dan pengemasan produk pertanian untuk pengembangan industri hilir desa Labuh Air Pandan. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 41-48.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Andini, R. ., & Seputra, A. . (2023). PELATIHAN PENGELOLAAN SDM DI ERA DIGITAL PADA KOPERASI SERBA USAHA SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3262–3265. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15182