FASILITASI PENDAMPINGAN BERSAMA TIM PEJUANG MUDA KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PETANI DAN FAKIR MISKIN MELALUI PROGRAM HILIRISASI PRODUKSI PADI

Authors

  • Afrilda Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Utami Dewi Arman Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Nadra Arsyad Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Asri Yuda Trinanda Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Kharisma Permatasari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Lili Leilany Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Keywords:

Nagari Silokek, Produksi Beras, E-Warung, Pemasaran

Abstract

Kegiatan pendampingan kepada Tim Pejuang Muda melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) beserta mentor lokasi ini dapat dilanjutkan oleh mitra yang telah dilibatkan dalam segala tahap mulai dari tahap survey lapangan hinga pemasaran, yakni pihak  Dinas Sosial,  Dinas  Pertanian, Pihak Akademisi, Komunitas Pemuda Pecinta Alam (PPA), dan Masyarakat Sadar Wisata (MASATA). Apabila tujuan yang ingin dicapai oleh tim pengusung proyek sosial di Silokek sebagai nagari sasaran  telah  tercapai  maka Silokek akan dijadikan sebagai Nagari Percontohan bagi daerah-daerah dengan kasus permasalahan serupa, sehingga selanjutnya pihak pengusung dalam hal ini tim pejuang muda mempersiapkan perencenaan pembagian jobdesk kepada mitra terkait terkhusus yang menjadi volunteer kegiatan, yakni sebagai tim controlling jarak dekat di Nagari Silokek sebagai Nagari Percontohan untuk tetap melanjutkan proses produksi dan memperluas pemasaran dengan tidak hanya berfokus pada E-Warung di Kabupaten Sijunjung, tetapi juga menjadi pemasok E-Warung di tiap Kabupaten di Sumatera Barat, dan melakukan pendampingan ke nagarinagari lain dengan mengikuti projek yang telah terlaksana di Nagari silokek dengan untuk memperluas cakupan pemberdayaan fakir miskin dan lansia dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat di daerah.

References

Anita, Fauziah, 2009. Pemberdayaa Masyarakat. Malang: Direktorat Pendidikan tinggi Islam Depak RI

Badan Standarisasi Nasional. 2004. SNI 15-2049-2004. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional

Edi, Soerharto, 2005. Membangun Masyarakat dan Memberdayakan Rakyat. Jakarta: PT. Refika Aditama Hermanto, Swastika, 2011.

Pusat Sosial Eknomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor. Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani.Vol.8, No.3.

Hermanto, 2007. Rancangan Kelembangaan Tani Dalam Implementasi Prima Tani di Sumatra Selatan. Bogor. Analisis Kebijakan Pertanian: Pusat Analisis Sosek dan Kebijakan Pertanian. Vol.5, No. 2.

Isbandi, Rukminto, Adi, 2008. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Sari, A. ., Arman, U. D. ., Arsyad, N. ., Trinanda, A. Y. ., Permatasari, K., & Leilany, L. . (2023). FASILITASI PENDAMPINGAN BERSAMA TIM PEJUANG MUDA KABUPATEN SIJUNJUNG PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PETANI DAN FAKIR MISKIN MELALUI PROGRAM HILIRISASI PRODUKSI PADI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2804–2809. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14843