PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA MELALUI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI DI KECAMATAN CIKARANG TIMUR KABUPATEN BEKASI
Keywords:
Pembelajaran Bermakna, Pengabdian Kepada Masyarakat, Anak Usia Dini,Abstract
Anak merupakan asset potensial bagi masa depan keluarga, bangsa, dan negara. Berkualitas atau tidaknya kehidupan seseorang di masa depan ditentukan oleh bagaimana pendidikan di masa awalnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi bermakna untuk anak. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan, kepada pendidik PAUD di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi tentang pembelajaran yang bermakna melalui bermain untuk anak usia dini, dan memotivasi para pendidik tersebut agar menerapkan pengetahuan yang sudah diperoleh ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari bersama anak-anak melalui berbagai permainan yang menarik dan sesuai kebutuhan mau pun minat anak.Kegiatan dengan metode workshop ini dilakukan pada tanggal 11-17Maret 2023 di RA Senyum Muslim Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Lalu dilanjutkan dengan pendampingan di 4 lembaga sampaidengantanggal 17Maret 2023.Hasil yang didapatkan, pendidik bisa menerapkan pembelajaran bermakna melalui bermain dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan hasil yang didapat, diketahui bahwa hasil rata-rata pada pre test adalah 55,29. Sementara hasil rata-rata pada post test adalah 71,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kapasitas kompetensi peserta pelatihan dari sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan sebesar 28,95 %. Hasil tersebutmerupakan masukan untuk berbagai stakeholder,terutama institusi yang menaungi lembaga-lembaga yang menjadi peserta dalam program PKM ini.References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tantang Standar Nasional pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Miranda, Dona.(2014). Upaya Meningkatkan Mengenal Melalui Media Pohon pad Kelompok A di TK Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. (online), http://respository.unib.ac.id, diakses 21 Mei 2019.
Novan Ardy Wiyani & Barnawi. (2012). Format PAUD: Konsep, karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Sarayati. (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Ketermpilan Bermain bahasa Anak Paud Permata Bangsa, Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2)
Suminar, Dewi Retno. (2019).Psikologi Bermain: Bermain & Permainan bagi Perkembangan Anak, Surabaya: Airlangga University Press
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pedagogia
Rahmatunnisa, Sriyanti & Siti Halimah. (2018). Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis Ank Usia 4 – 5 Tahun melalui bermain pasir, Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 No.
https://masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/karakteristik-umum-pembelajaran-di-sekolah-dasar/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilis Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.