PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA MELALUI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI DI KECAMATAN CIKARANG TIMUR KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Lilis Suryani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Dewie Hartati Handayani Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Neneng Yuliana Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Arini Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rahmi Utami Syarifah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Maria Marlena Naif Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Luluk Mariyam Fatchurrohmah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Enny Purwanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Dian Puspita Tanjung Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nureda Nureda Universitas Panca Sakti Bekasi

Keywords:

Pembelajaran Bermakna, Pengabdian Kepada Masyarakat, Anak Usia Dini,

Abstract

Anak merupakan asset potensial bagi masa depan keluarga, bangsa, dan negara. Berkualitas atau tidaknya kehidupan seseorang di masa depan ditentukan oleh bagaimana pendidikan di masa awalnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi bermakna untuk anak. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan, kepada pendidik PAUD di Cikarang Timur Kabupaten Bekasi tentang pembelajaran yang bermakna melalui bermain untuk anak usia dini, dan memotivasi para pendidik tersebut agar menerapkan pengetahuan yang sudah diperoleh ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari bersama anak-anak melalui berbagai permainan yang menarik dan sesuai kebutuhan mau pun minat anak.Kegiatan dengan metode workshop ini dilakukan pada tanggal 11-17Maret 2023 di RA Senyum Muslim Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Lalu dilanjutkan dengan pendampingan di 4 lembaga sampaidengantanggal 17Maret 2023.Hasil yang didapatkan, pendidik bisa menerapkan pembelajaran bermakna melalui bermain dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan hasil yang didapat, diketahui bahwa hasil rata-rata pada pre test adalah 55,29. Sementara hasil rata-rata pada post test adalah 71,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kapasitas kompetensi peserta pelatihan dari sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan sebesar 28,95 %. Hasil tersebutmerupakan masukan untuk berbagai stakeholder,terutama institusi yang menaungi lembaga-lembaga yang menjadi peserta dalam program PKM ini.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tantang Standar Nasional pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Miranda, Dona.(2014). Upaya Meningkatkan Mengenal Melalui Media Pohon pad Kelompok A di TK Mafhadhol Tambang Sawah Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. (online), http://respository.unib.ac.id, diakses 21 Mei 2019.

Novan Ardy Wiyani & Barnawi. (2012). Format PAUD: Konsep, karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini, Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Sarayati. (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Menumbuhkan Ketermpilan Bermain bahasa Anak Paud Permata Bangsa, Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2)

Suminar, Dewi Retno. (2019).Psikologi Bermain: Bermain & Permainan bagi Perkembangan Anak, Surabaya: Airlangga University Press

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pedagogia

Rahmatunnisa, Sriyanti & Siti Halimah. (2018). Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis Ank Usia 4 – 5 Tahun melalui bermain pasir, Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 No.

https://masguruonline.wordpress.com/2013/05/20/karakteristik-umum-pembelajaran-di-sekolah-dasar/

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Suryani, L. ., Handayani, D. H. ., Yuliana, N. ., Susanti, A. ., Syarifah, R. U. ., Naif, M. M. ., Fatchurrohmah, L. M. ., Purwanti, E. ., Tanjung, D. P. ., & Nureda, N. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA MELALUI BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI DI KECAMATAN CIKARANG TIMUR KABUPATEN BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1614–1624. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13542