PERANAN PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGELOLA KEUANGAN DI KALANGAN REMAJA

Authors

  • Latifah Wulandari Binti Asbaruna Universitas Ma'soem
  • Ridwan Ismail Gorib Universitas Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13106

Keywords:

Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, Remaja.

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengajarkan pendidikan literasi keuangaan dalam mengembangkan kemampuan mengelola keuangan di kalangan remaja. Literasi keuangan menjadi penting untuk ditanamkan kepada remaja karena pengetahuan dan pengalaman keuangan yang ditanamkan akan terinternalisasi dalam diri remaja sehingga membentuk karakter dan kebiasaan mengelola keuangan di masa depan sebagai suatu budaya baik, seperti mengenal makna uang. Metode atau tahapan untuk mengajarkan pendidikan literasi keuangaan yang dilakukan peneliti yakni melalui pelatihan materi literasi keuangan. Dimana metode pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah dengan interaksi langsung melalui ceramah, tutorial, dan diskusi dalam rangka mengembangkan kemampuan mengelola keuangan di kalangan remaja. Hasil evaluasi terhadap peserta pengabdian kepada masyarakat menunjukkan tercapainya tujuan pengabdian kepada masyarakat, dimana adanya peningkatan pengetahuan peserta setelah diberikan materi mengenai literasi keuangan. Peserta dalam kegiatan ini adalah remaja majelis taklim riyaadlul Jannah Sumedang, dimana para remaja disini merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Berdasarkan hasil kegiatan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum peserta bersemangat untuk belajar pendidikan literasi keuangan untuk mengelola keuangannya namun terkendala dengan keterbatasan pengetahuan dan Pendidikan literasi keuangan.

References

Alhabeeb, M. J. 1999. Allowances and the economic socialization of children.

Allen, M. W., Edwards, R., Hayhoe, C. R., & Leach, L. 2007. Imagined interaction, attitudes towards money and credit, and family coalitions. Journal of Family and Economic Issues, 28: 3 – 22.

Andrew, V, dan Linawati, N. 2004. (Hubungan faktor demografi dan pengetahuan keuangan denagn perilaku keuangan karyawan swasta di surabaya:. Finesta, Vol.2(2): pp 35-39.

Astuti, D E. (2013). Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda. eJournal Psikologi, 1(2), 2013 : 148 -156.

Chen, H., & Volpe, R. P. 1998. An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2): 107 – 128.

Grable, J. E., & Joo, S. 1998. Does financial education affect knowledge, attitudes, and behavior? An empirical analysis.Personal Finances and Worker Productivity, 2 (2): 213 – 220.

Hayhoe, C. R., Leach, L., & Turner, P. R. 1999. Discriminating the number of credit cards held by college students using credit card and money attitudes. Journal of Economic Psychology, 34: 643 – 656.

John, D. R. 1999. Consumer socialization of children: A retrospective look at twenty-five years of research.The Journal of Consumer Research, 26 (3): 183 – 213.

Kannadhasan, M. "Firm Size as a Moderator of the Relationship Between Business Strategy and Performance in Indian Automotive Industry." Srusti Management Review 2.2 (2009): 4-15.

Kiyosaki, Robert T. 2008. Icrease Yur Finencial IQ (Kelola Uang Anda dengan Lebih Cerdas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lachance, M. J., & Choquette-Bernier, N. 2004. College students' consumer competence: A Qualitative Exploration. International Journal of Consumer Studies, 28: 433-442.

Lyons, A. C., & Hunt, J. L. 2003. The credit practices and financial education needs of community college students. Association for Financial Counseling and Planning Education, 14 (1): 63 – 74.

McCormick, M. H., & Godsted, D. 2006. Learning your monetary ABCs: The link between emergent literacy and early childhood financial literacy (NFI Report). Retrieved May 22, 2009, from: http://www. networks financialinstitute. org/Lists/Publication%20Library/Attachments/4/2006- NFI-03_Godsted-McCormick.pdf

Mien, Nguyen Thi Ngoc & Tran Phoung Thao. 2015. “Factors Affecting Personal Financial Management Behaviors: Evidence from Vietnam”. Jurnal of Proceedings of the Second Asia-Pacific Conference on Global Business, Economics, Finance and Social Sciences.

OECD. 2006. The Importance of Financial Education. (www.oecd.org/ publications/ Policybriefs diakses pada 20 November 2015).

Remund, D L. 2010. Financial literacy explicated: the case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs Volume 44 Issue 2.

Tersedia : http://anggunpaud.kemdikbud.go.id (Diakses : 25 Mei 2022).

Wilson, S. D. 2003. Factors influencing levels of credit-card debt in college students. Journal of Applied Social Psychology, 33: 935 – 947.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Asbaruna, L. W. B. ., & Gorib, R. I. . (2023). PERANAN PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGELOLA KEUANGAN DI KALANGAN REMAJA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1396–1401. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13106